Strategi Timpang Membuat iPhone 5C Tidak Laku

By on March 23, 2014
017ANpWwF8

Seperti kita ketahui, bahwa pihak Apple bisa dibilang telah melakukan kesalahan yang sangat fatal pada satu produk mereka yang diluncurkannya pada tahun 2013 yang lalu, iPhone 5C bisa dibilang sebagai produk gagal dari Apple yang selama ini kita kenal sebagai produsen ponsel pintar yang selalu memiliki harga yang tinggi.

Laporan terbaru menyebut bahwa sebanyak tiga juta iPhone 5C maish menumpuk di gudang karena tidak laku terjual, dan bahkan produk yang sudah terjual pun tak pelak mengundang kritik pedas dari para penggunanya yang merasa sangat kecewa dengan kualitas iPhone 5C tersebut.

Setelah dirilis berbarengan dengan iPhone 5S, tapi iPhone 5C ini memiliki spesifikasi yang justru terlalu jauh berbeda dan ponsel pemindai sidik jari tersebut bisa dibilang merupakan strategi yang kurang tepat, bahkan bisa dikatakan sebagai blunder terbesar Apple. Spesifikasinya sangat timpang, tetapi harga yang ditawarkan dari perangkat tersebut berbeda tipis, dan bahkan bisa dibilang setara.

Pada masa awal-awal peluncuran yang dilakukan pada Oktober 2013 yang lalu, harga iPhone 5C yang berkapasitas 32GB ini jsutru setara dengan harga iPhone 5S berkapasitas 16GB. Padahal kita tahu bahwa spesifikasi dari dua ponsel ini sangat jauh berbeda. Dari segi desain, iPhone 5S ini memiliki desain yang lebih elegan dengan balutan logam yang luar biasa, sedangkan iPhone 5C hanya berbalut material plastik berwarna-warni yang justru terlihat sangat murahan.

Lebih dari itu juga, ternyata jeroan iPhone 5S dinilai lebih gahar ketimbang iPhone 5C yang digadang-gadang sebagai rpoduk unggulan. Dengan Chip prosesor 64-bit A7 yang pastinya akan membuat performa kecepatan dan juga grafis iPhone 5S ini akan melebihi kompetitornya pada saat itu justru tidak juga dimiliki oleh iPhone 5C yang seharusnya memiliki spesifikasi yang sama, bahkan bisa lebih mengingat cangkangnya yang hanya berbalut plastik.

Yang pada akhirnya, ponsel unggulan tersebut menumpuk di gudang sebanyak tiga juta unit dan ini belum yang sudah masuk pasaran tetapi belum laku terjual. Langkah yang diambil oleh Apple dalam memangkas harga iPhone 5C pun sepertinya tidak membuahkan hasil apa-apa karena harganya maish tetap saja mahal untuk kualitas seperti itu. Dari 610 euro dipotong 60 euro jadi 550 euro atau setara dengan 8,6 juta rupiah masih dinilai sangat mahal untuk ukuran srtategi cuci gudang dari pihak Apple.

Bukan Cuma itu saja, bahkan langkah memberikan diskon yang diberikan oleh toko-toko ritel seperti Walmart, Radioshack, dan Best Buy maish jauh lebih murah dengan diskon hingga USD99 dari setiap pembelian satu unit iPhone 5C tersebut. Mau tidak mau, akhirnya pihak Apple sendiri harus mengakui bahwa iPhone 5C merupakan produk gagal.

 2. Apple Ogah Bikin iPhone Murah 3

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *