Smartphone Terbaru Android One Telah Hadir di Indonesia

By on February 6, 2015
1. Smartphone Terbaru Android One Telah Hadir di Indonesia  1

Indonesia kehadiran satu lagi perangkat Android yang kali ini adalah buatan pembuat Android itu sendiri, Google. Bekerja sama dengan beberapa vendor lokal, Google menghadirkan perangkat besutanya yang dibandrol dengan harga murah di Indonesia. Smartphone terbaru buatan Google ini diberi nama Android One dan baru hari ini diluncurkan di Jakarta.

Di Indonesia, Google menjalin kerjasama dengan tiga vendor yaitu Evercoss, Mito dan juga Nexian. Masing-masing vendor mengeluarkan perangkat hasil kerjasama dengan Google dengan nama yang berbeda-beda, Nexian mengeluarkan smartphone terbaru Android One dengan nama Nexian Journey, sementara Mito memproduksi Android One dengan nama Impact dan Evercoss memproduksi perangkat Android One dengan nama One X. Persamaan dari ketiga ponsel Android One kerjasama dengan Google tersebut adalah harganya yang murah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Hal ini sesuai dengan keterangan langsung dari Google bahwa perangkat Android One besutan Google ini akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu tak akan lebih dari 1,4 juta. Sehingga bisa dipastikan bahwa harga ketiga perangkat Android One produksi vendor lokal tersebut tidak akan dijual lebih dari harga tersebut.

Disebutkan pula bahwa peluncuran smartphone terbaru Android One di Indonesia akan dilaksanakan masing-masing vendor dengan konsep mereka sendiri, namun jadwal peluncurannya dipastikan bersamaan harinya, yaitu kamis hari (5/2/15), atau sehari sebelum peluncuran iPhone 6 di Indonesia. Ketiga ponsel Android One besutan Google bekerja sama dengan Vendor lokal tersebut akan mempunyai OS yang sama yaitu Android terbaru Lollipop 5.1.

Masalah OS terbaru Lollipop ini memang bagian dari kesepakatan antara Google dan semua vendor yang bersedia memproduksi Android One di seluruh dunia bahwa perangkat yang diluncurkan akan dibekali dengan OS Android Lollipop. Padahal seperti diketahui, masih jarang ponsel lokal, dan bahkan ponsel kelas menengah lainnya yang telah mempergunakan Lollipop untuk sistem mereka.

Yang lebih hebat lagi, setiap ada update OS Android dari Google, setiap perangkat Android One akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan update tersebut lebih awal dibanding produk lain. Jadi Anda yang membeli Android One dari salah satu vendor tersebut akan menjadi orang yang paling up to date jika ada perubahan pada sistem operas Android.

Ketiga smartphone terbaru ini juga mempunyai spesifikasi yang sama yaitu dibekali dengan layar 4,5 inci dan akan mempunyai mesin quad core dengan clock speed 1,3 GHz yang dipadukan dengan RAM 1GB. Penggunakan RAM 1GB untuk ponsel lokal juga masih jarang dan ini adalah salah satu keuntungan ketiga vendor tersebut untuk membuat perangkat mereka laris manis di pasaran.

Selain mesin quad core, ketiga perangkat Android one juga akan dibekali dengan memori internal 8GB yang bisa ditambah dengan microSD. Fitur lain yang telah tersemat dalam perangkat ini antara lain adalah dual micro SIM card dan dual kamera yang masing-masing berkekuatan 5MP dan 2MP. Untuk pengoperasian, telah ada baterai 1.700mAh yang siap untuk mengoprasikan perangkat ini seharian.

 smartphone terbaru, android one, android terbaru, hp android, gadget

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *