Smartphone OS Firefox Sudah Meluncur Ke Pasaran

By on May 10, 2014
0131090Dua-ponsel-bersistem-operasi-Firefox-OS-ZTE-Open-dan-Alcatel-One-Touch-Fire780x390

ZTE, yang merupakan produsen ponsel asal Tiongkok pada Kamis (08/05/2014) kemarin telah mengumumkan bahwa mereka mulai menjual ponsel pintar dengan sistem operasi Firefox OS yang selama ini dipandang sebagai sistem operasi yang akan mulai bersaing dengan Android dan iOS. Untuk penjualannya sendiri kabarnya dilakukan melalui situs jual beli eBay dan sayangnya masih sangat terbatas bagi konsumen di Amerika Serikat saja.

Pihak ZTE sendiri mengatakan bahwa ZTE Open C, yang merupakan ponsel pintar Firefox OS buatan ZTE itu saat ini sudah mulai bisa dipesan melalui situs eBay dengan harga sekitar 99 dollar AS atau setara dengan harga 1 juta Rupiah). Tapi sayangnya, di dalam halaman eBay tersebut, ternyata pihak ZTE mencantumkan bahwa Indonesia sebagai negara yang tidak akan menerima layanan pengiriman produknya tersebut.

Walaupun tidak dijelaskan kenapa Indonesia menjadi Negara yang masuh daftar pengecualian pengiriman barang, tapi hal ini tentu saja hal ini sangat mengecewakan untuk kita semua, dimana kita tahu bahwa orang Indonesia memang sangat hobi untuk menjajal produk-produk baru, terlebih harganya bisa dibilang cukup bersahabat untuk kantong kita.

Kalau melihat dari sisi spesifikasi sendiri, sebenarnya ZTE Open C ini lumayan menjanjikan, dimana dia mengusung desain layar 4 inci dengan prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core dengan kecepatan 1,3 GHz. Dengan spesifikasi tersebut, ZTE mengklaim bahwa ponsel ini akan menjalankan Firefox OS yang paling baru dengan fitur-fitur seperti akses pemutra musik langsung dari lock screen dan berbagi file dengan lebih dari satu perangkat melalui koneksi Bluetooth yang sudah tersedia di dalamnya.

Seperti dikutip dari laman Recode, kabarnya penjualan ponsel Firefox OS ini menjadi stratgei ZTE sendiri untuk menjual perangkat yang konon dinilai lebih murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Pihak ZTE sendiri telah merilis ponsel Firefox OS pertamanya bebrapa waktu yang lalu, yakni ZTE Open pada Juli 2013 yang lalu, hal ini dilakukannya bersama dengan vendor Alcatel dengan seri One Touch Fire.

Tapi sayangnya kedua ponsel pintar tersebut baru dijual di beberapa negara saja, dan tentu saja Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Setelah itu, pihak Mozilla yang merupakan pengembang Firefox OS ini dengan sejumlah mitra pembuat ponsel, kabarnya akan segera memasarkan produk mereka ke wilayah Amerika Latin, sebagian wilayah Eropa dan secepatnya akan masuk ke wilayah Asia.

Selain dari ZTE dan Alcatel, ternyata Huawei dan LG juga telah berkomitmen untuk mendukung Firefox OS ini. Bahkan menurut kabar yang beredar, Sony yang merupakan raksasa teknologi asal Jepang juga akan segera membuat ponsel Firefox OS pada tahun 2014 ini.

1.OS Firefox dalam Huawei Ascend Y300II3

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *