smartphone 3D Google Gunakan PrimeSense Capri PS1200

By on April 21, 2014
Screen-Shot-2014-02-20-at-12.50.50-PM

Setelah kemarin-kemarin sempat booming dan menjadi fenomena di dunia maya, kini kita para penikmat gadget sudah tahu kebenaran tentang Project Tango milik Google, ternyata smartphone 3D yang dikembangkan oleh pihak Google ternyata menggunakan teknologi milik Apple, yang kita ketahui sebagai perusahaan yang selama ini menjadi saingannya. Project Tango ini menggunakan chip dengan sistem imaging 3Dyang bernama PrimeSense Capri PS1200.

Anda mungkin saja tahu bahwa PrimeSense sendiri merupakan perusahaan produsen hardware 3D yang digunakan oleh konsol game Xbox One yang fenomenal, yakni Kinect. Meskipun pihak Apple sendiri akhirnya mengakuisisi PrimeSense pada akhir tahun 2013 lalu. Tapi sepertinya Google selangkah lebih maju dari Apple dalam mengimplementasikan teknologi canggih tersebut.

Belakangan ini terungkapnya bahwa chip 3D buatan PrimeSense tersebut pertama kali dilaporkan oleh iFixit, pihak yang pertama kali mempreteli secara telanjang Project Tango untuk mengetahui komponen apa saja yang ada di dalam Project Tango yang memang telah banyak mengundang kepenasaran banyak pihak. Project Tango sendiri menjadi proyek pertama Google untuk mewujudkan smartphone yang bisa merasakan sekelilingnya dan menawarkan pengalaman luar biasa dalam menggunakan gadget dengan menanamkan sensor 3D khusus didalmnya.

Dengan adanya kemampuan untuk mendeteksi obyek-obyek di sekelilingnya, maka Project Tango ini diharapkan akan bisa dijadikan sebagai perangkat pemandu navigasi khusus, pemandun dimensi dan pemetaan lingkungan sekitar penggunanya. Project Tango akan bekerja layaknya sensor Microsoft Kinect yang merupakan prosessor yang akan bekerja dengan menampilkan deretan titik-titik sebagai parameter untuk sensor inframerah dalam menentukan suatu obyek yang berguna untuk membuat pemetaan tiga dimensi atau pemetaan Objek 3D.

Selain itu, Project Tango juga mengandalkan empat kamera terpisah untuk melihat obyek-obyek yang ada di sekeliling gadget dan penggunanya selain chip 3d Capri dan vision co-processor Myriad. Berdasarkan rilis dari situs Mac Rumors beberapa waktu yang lalu, pihak Google juga berencana akan menggunakan teknologi 3D ini di smartphone-nya itu untuk membuat game augmented reality yang impresif dan aplikasi yang menggabungkan dunia nyata dan digital sehingga mimpi untuk membuat dunia digital terasa nyata bisa terwujud.

Selain itu juga, dengan  Project Tango yang di gagas Google ini. Para pakar teknologi terkemuka memandang bahwa dimasa depan akan ada hubungan yang harmonis antara dunia virtual dan dunia nyata. Kita mungkin saja akan merasakan game yang dimana kita akan berperan dalam game tersebut sebagai tokoh utama. Dimana hal ini baru bisa terjadi di film-film besutan Hollywood saja.

 project-tango-google-designboom02

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *