Sensor Leica Dalam Kamera Huawei P9 Ternyata Bohong

By on April 20, 2016
Huawei P9

Di awal April 2016 kemarin, Huawei baru saja meluncurkan smartphone terbaru dengan nama Huawei P9 di London Inggris. Yang paling menarik, dalam peluncurannya, Huawei menyatakan jika ponsel terbarunya ini mengusung kamera buatan pabrikan optik kenamaan asal Jerman, Leica.

Tapi sayang, setelah cukup lama berita ini beredar, dan bahkan sudah digembor-gemborkan sejak perangkat ini belum diluncurkan, ternyata kabar itu hanya bohong. Secara tidak langsung, Huawei P9 tidak memiliki lensa Leica. Itu hanya trik marketing saja!

Terbongkarnya kebohongan Huawei P9 ini pertama kali diungkapkan oleh situs MyDrivers. Yang paling menarik, justru pihak Huawei sendiri yang menyatakana kepada situs tersebut jika Leica memang tidak memasok optik kamera ponsel tersebut secara langsung.

Nah Lho, terus kenapa bisa beredar kabar jika Huawei P9 dan P9 Plus menggunakan sensor Leica?

Seperti dilansir dalam Droid-Life, Huawei menyatakan jika pihaknya menggunakan modul optik dan kamera Sunny Optical, yang merupakan vendor asal China. Nah, modul yang digunakan dalam seri P9 dan P9 Plus tersebut telah mendapat sertifikat otorisasi dari Leica.

Sayangnya tidak dijelaskan sertifikat otorisasi seperti apa yang dimaksud oleh pihak Huawei tersebut. Hanya saja banyak yang menduga jika modul kamera dan optik buatan Sunny Optical tersebut memiliki standar yang berlaku di Leica.

Huawei P9 1228232Sunny1780x390

Dengan kata lain, keterlibatan Leica dalam pengembangan P9 dan P9 Plus ternyata ini ternyata hanya sebatas peminjaman sertifikasi modul kamera dan optiknya saja, dan itu pun tidak langsung diserahkan kepada Huawei, melainkan kepada pihak ketiga, yakni Sunny Optical.

Sebagai catatan, Sunny Optical sendiri sebenarnya bukan perusahaan kecil. Bahkan situs My Drivers menyebut perusahaan tersebut sebagai pemasok kamera ponsel terbesar di dunia. Berbagai produk ponsel telah menggunakan lensa dari Sunny, baik untuk ponsel kelas atas  ataupun kelas menengah.

So, dengan kabar ini, apakah anda masih berminat untuk membeli Huawei P9 atau P9 Plus jika masuk Indonesia nanti? Ataukah kebohongan dari Huawei ini jadi alasan anda untuk memalingkan pilihan kepada produk lainnya? Semua pilihan anda di tangan anda!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *