Seminggu, Office for iPad Sudah Di Unduh 12 Juta Kali

By on April 6, 2014
1159402Office-iPad-12mil780x390

Saat ini Office for iPad, yang merupakan aplikasi produktivitas Microsoft di platform iOS ini tercatat telah diluncurkan selama satu minggu. Dan ternyata dalam kurun waktu yang relatif singkat tersebut kabarnya pihak Microsoft telah mengklaim bahwa aplikasinya tersebut telah diunduh sebanyak 12 juta kali oleh pengguna iPad di dunia.

Klaim keberhasilan tersebut disampaikan langsung oleh pihak Microsoft melalui akun Twitter resmi Microsof Office. Jumlah download tersebut meliputi seluruh aplikasi Microsift Word dan aplikasi pendamping lainnya seperti Excel, OneNote dan PowerPoint. Tapi sayangnya, pihak Microsoft tidak merinci satu per satu jumlah download masing-masing aplikasi tersebut.

Seperti dikutip dari laman situs 9to5 Mac, harus diakui bahwa antusiasme para pengguna iOS terhadap Microsoft Office ini memang diprediksi akan tinggi dab bahkan akan cenderung meningkat sampai beberapa bulan kedepan. Hal tersebut karena, setelah dua hari secara resmi diluncurkan di App Store, aplikasi Office seperti Word dan Excel sudah bertengger di deretan papan atas daftar aplikasi gratis di App Store.

Tapi walau bisa diunduh secara gratis, pihak Microsoft sendiri rupanya membatasi fungsi aplikasi tersebut hanya sebatas untuk membuka dan membaca file dokumen saja. Sedangkan jika para pengguna iPad ingin memiliki fungsi yang lebih, mislanya seperti membuat dan mengedit dokumen, maka para pengguna harus berlangganan layanan ini, dengan kata lain harus upgrade ke paket premium.

Microsoft sendiri mematok harga berlangganan sebesar 99 dollar per tahun bagi para pengguna yang ingin mengakses lebih banyak fitur-fitur Office di iPad ini. Bahkan menurut situs Recode, pihak Apple mendapat bagian keuntungan sebesar 30 persen dari biaya berlangganan tersebut. Tentunya ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan untuk kedua perusahaan raksasa tersebut.

Upaya lain yang dilakukan Microsoft ketika peluncuran Office for iPad adalah dengan cara menawarkan layanan Office 365 secara gratis selama satu tahun bagi 50 orang pertama yang memutuskan untuk membeli aplikasi produktivitas tersebut.

Walaupun saat ini performa aplikasi Office untuk iPad ini masih mendapatkan ulasan yang positif dari para penggunanya, tapi pihak Microsoft masih mendapat kritik tentang model penjualannya yang dinilai kurang tepat. Salah satunya adalah dari situs Tech Crunch yang menyayangkan mengapa Microsoft menerapkan sistem berlangganan per tahun kepada para penggunanya, padahal menurut Tech Crunch, sistem penjualan putus atau ssekali bayar lebih memungkinkan, hak ini mengingat aplikasi Apple iWorks maish bisa didapatkan secara gratis bagi para pengguna iPad.

Bahkan Tech Crunch mengatakan bahwa cara penjualan ini hanya akan menggiring pihak Microsoft ke arah yang lebih buruk. Saat ini para pengguna office mungkin saja maish akan membeli produk itu karena memang masih baru, tapi untuk kedepannya, tidak ada jaminan untuk itu. Apalagi jika Microsoft tidak melakukan update yang memuaskan.

 2. Pengguna iPad Akhirnya Merasakan Microsoft Office iOS 3

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *