Samsung Galaxy S5 Ternyata Tidak Boleh Dibawa Berenang

By on March 19, 2014
1847367Galaxy-s5-10780x390

Seperti kita ketahui bahwa salah satu fitur terbaru yang disematkan oleh Samsung pada produk andalan barunya yakni Galaxy S5 adalah ketahanan produk ini terhadap debu dan juga air melalui sertifikasi IP67. Akan tetapi baru-baur ini ternyata terungkap bahwa perangkat ini memiliki sebuah keterbatasan yang tidak boleh dilampaui terkait keterbatasan tersebut.

Dalam acara Media Pre-Briefing Galaxy S5, Febri Rusli yang merupakan Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan bahwa Samsung Galaxy S5 ini bukan waterproof ataupun ponsel pintar kedap air, akan tetapi hanya water resistant saja atau hanya tahan air saja, jadi tidak dibenarkan bahwa Samsung Galaxy S5 ini bisa direndam dalam waktu yang lama.

Walaupun kedua istilah sangat mirip, akan tetapi tetap istilah ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Seperti kita ketahui bahwa istilah Waterproof ini digunakan untuk mengacu pada alat atau sebuah perangkat yang benar-benar kedap air dan nanitnya bisa direndam hingga kedalaman tertentu, salah satu contohnya adalah jam tangan yang memang dirancang untuk menyelam dan biasa dipakai oleh para penyelam.

Sementara itu Istilah water resistant atau taha air biasanya digunakan untuk perangkat atau alat yang memang bisa bertahan sekadar dari cipratan air saja. Jadi sangat tidak dibenarkan jika anda mencoba merendam Samsung Galaxy S5 ini, karena memang spesifikasinya tidak ditujukan untuk ini dan memang tidak untuk digunakan didalam air seperti yang selama ini banyak diberitakan.

Alntas apa alasan khusus Samsung tidak membuat Galaxy S5 ini kedap air sepenuhnya seperti produk Sony? Menurut Febri, ternyata keputusan tersebut lebih didasarkan pada hasil survei pasar pada saat pembuatan produk ini di mana pihaknya telah menemukan fakta bahwa sebagian besar para pengguna ponsel pintar tidak membutuhkan kapabilitas tersebut, jadi kalau dibuat hanya akan menjadi fasilitas yang tidak berguna secara fungsi.

Walaupun demikian ternyata Samsung Galaxy S5 masih mampu bertahan meski tercemplung ke dalam air atau kubangan. Bahkan hal ini sengaja didemonstrasikan dalam acara pre-briefing tersebut di mana sebuah Samsung Galaxy S5 tetap mampu berfungsi normal setelah ponsel tersebut direndam di dalam sebuah wadah yang memang penuh air.

Pada dasarnya, sertifikasi IP67 sendiri memang mengharuskan sebuah perangkat yang diuji bisa bertahan di dalam air sedalam 1 meter dalam waktu 30 menit. Selain itu juga Samsung Galaxy S5 ini juga dilengkapi sejumlah sarana khusus yang memang ditujukan untuk menunjang ketahanannya terhadap air tersebut, seperti cover penutup pada slot USB dan juga segel karet yang akan mampu melindungi bagian elektronik pada sisi belakang ponsel pintar ini.

Pada dasarnya pihak samsung ini tidak menonjolkan spesifikasi tahan air tersebut, mereka lebih ingin menonjolkan spesifikasi yang lainnya yang banyak dibutuhka oleh para penggunanya.

 1845542Galaxy-s5-6780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *