Project Hera. Jembatan Antara OS Chrome dan Android

By on April 9, 2014
android-project-hera-android-police-2

Walaupun sistem operasi Android KitKat baru saja diperkenalkan ke publik dan banyak mendapatkan sambutan positif dari para pecintanya, belum banyak diadopsi banyak perangkat ponsel pintar, namun Google sekarang ini dikabarkan sedang mempersiapkan sistem antarmuka baru yang bisa jadi akan segera dimunculkan dalam Andorid versi 4.5.

Google menyebut ini sebagai Project Hera. Proyek tersebut dilaporkan langsung oleh Android Police dan dikabarkan akan disiapkan oleh Google sebagai jembatan antara OS Chrome dan Android yang akan segera mereka luncurkan sebagai bukti keseriusan Google untuk mendominasi sistem operasi yang diadopsi oleh ponsel pintar.

Hera sendiri merupakan sistem operasi chromium yang dibangun agar bisa berjalan di siste operasi Android dan nanitnya diproyeksikan untuk bisa menjalankan perintah melalui web baik untuk aplikasi Google maupun untuk apliaksi pihak ketiga. Dengan Project Hera ini, maka para pengguna Android diharapkan bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan berbagai perangkat yang mereka miliki, entah itu aplikasi Android yang punya, Chrome ataupun aplikasi mereka yang berbasis web.

Kalau melihat dari bocoran foto yang dimuat di situs Android Police, ternyata antarmuka Hera ini sangat mirip dengan tampilan Google Now yang lebih menggunakan desain seperti tumpukan kartu atau yang disebut card-based yang menunjukkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan saat itu di ponsel pintar para penggunanya. Tentu saja, sebuah kartu tambahan juga bisa diberikan untuk setiap layanan Google ini.

Walaupun demikian, ternyata sampai sekarang belum bisa disimpulkan secara pasti bahwa Google akan menyatukan Chrome dan Android dalam satu sisitem operasi. Google hanya akan berusaha untuk memberikan pengalaman yang serupa saat para pengguna menatap layar yang berbeda dalam menu ponsel pintar mereka.

Sebenarnya bukan Google saja yang mempunyai proyek seperti ini, ternyata hal yang sama juga mulai dilakukan Microsoft dengan universal apps yang telah lebih dahulu diluncurkan. Dengan aplikasi tersebut, para pengembang bisa membuat satu aplikasi yang bisa dijalankan di semua perangkat yang mereka punya, entah PC atau laptop, smartphone atau tablet.

Pihak Google sendiri sebenarnya belum mengumumkan kapan akan memperkenalkan proyek Hera ini sebagai update Android terbaru kepada publik. Beberapa pengamat menduga bahwa pihak Google akan memperkenalkan Hera ini di ajang I/O 2014 yang akan digelar beberapa bulan mendatang. Namun bisa juga Google juga akan menunggu hingga akhir tahun supaya tidak ada ketimpangan antara Android Kit Kat yang baru saja mereka luncurkan beberapa waktu yang lalu.

Tentunya dengan hadirnya proyek ini, maka diharapkan para pengguna akan lebih mencintai dan bahkan ketergantungan dengan sistem operasi milik Google ini.

 1051280Gmail-Hera780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *