Ponsel Murah Yang Bisa Di Rakitan Sendiri Dari Google

By on March 9, 2014
main

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa belakangan ini trend ponsel murah terus menjadi primadona dan terus menjadi hal yang dikembangkan dengan berbagai cara. Tentu saja semua itu dilakukan untuk menarik pasar supaya melirik produk mereka yang memang sudah terlalu banyak produsen ponsel yang bermunculan dan untuk menciptakan iklim persaingan yang lebih sengit lagi, selain dengan tujuan untuk merangkul konsumen yang berasal dari kalangan menengah kebawah.

Tidak tanggung-tanggung, sebuah perusahaan raksasa yang mulai merambah ke dunia ponsel, tyaitu Google kabarnya sedang mengerjakan sebuah proyek ponsel pintar rakitan yang akan memungkinkan komponen perangkat keras pada ponsel tersebut bisa diganti dengan mudah oleh siapa saja. Dengan adanya proyek ini, Google berharap ponsel rakitan tersebut bisa mulai dijual pada awal tahun 2015 dan kabarnya ponsel tersebut akan dibanderol dengan harga yang terbilang sangat murah.

Dalam sebuah laporan yang terbit di majalah Time, mengatakan bahwa ponsel rakitan tersebut kabarnya akan dijual ke pasar dengan harga sekitar 50 dollar AS atau sekitar 580.000 rupiah saja. Untuk ukurannya, ternyata ada tiga ukuran ponsel rakitan yang ditawarkan oleh Google tersebut, yaitu ukuran Mini, ukuran Medium dan juga Jumbo. Semua ukuran tersebut kabarnya memiliki ketebalan yang tidak lebih dari 10 mm saja.

Selain itu juga, kabarnya Google juga akan langsung menyediakan komponen perangkat keras untuk ponsel rakitannya tersebut dan rencananya Google juga hanya akan fokus menawarkan perangkat keras dengan spesifikasi dasar dan tentunya dengan harga yang murah. Dalam pengerjaannya, proyek ponsel rakitan Google tersebut kabarnya akan diambil sebagai Project Ara oleh tim Advanced Technology and Projects  yang dipimpin Paul Eremenko.

Dalam laporannya tersebut, majalah Time juga melaporkan bahwa ponsel tersebut akan menggunakan komponen radio yang hanya mendukung koneksi Wi-Fi dan juga tidak akan menyediakan koneksi seluler seperti pada umumnya ponsel menengah kebawah. Walaupun begitu, tim Advanced Technology and Projects tersebut punya misi untuk tetap menghadirkan dukungan koneksi seluler pada ponsel rakitan Google tersebut.

Selain itu juga, kabarnya Tim Advanced Technology and Projects juga punya target untuk menyelesaikan purwarupa atau prototipe ponsel rakitan dalam beberapa pekan mendatang. Tim Advanced Technology and Projects tidak menjelaskan ke negara mana saja ponsel rakitan itu akan dijual oleh mereka. Google rencananya akan menggelar konferensi pada April 2014 mendatang untuk memberi tahu secara detail tentang ponsel rakitan tersebut.

Tim Advanced Technology and Projects sebenarnya adalah sebuah divisi yang berada di bawah Motorola Mobility. Akan tetapi setelah Google sepakat menjual Motorola Mobility kepada Lenovo pada Januari 2014 kemarin, divisi Advanced Technology and Projects tersebut tidak ikut dijual dan kini berada di bawah Google secara langsung.

nexusae0_ara1blogpoost

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *