Pertarungan Sengit antara Android Melawan iOS

By on March 12, 2014
02-android-vs-ios

Jika kita memperhatikan duia teknologi belakangan ini, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan kedua OS yang belakangan ini semakin populer. Akan tetapi, menurut para pakar teknologi, walaupun sama-sama popule tapi, Android dan iOS diiaratkan bagai sebuah dua dunia yang berbeda dimana mereka mempunyai beberapa aplikasi yang serupa, akan tetapi Android telah memiliki sendiri ekosistem yang lebih terbuka, sedangkan di sisi lain iOS lebih tertutup.

Tentu saja, dengan sebuah ekosistem yang terbuka tersebut, maka andorid diuntungkan dengannya vendor yang akan memproduksi smartphone yang ber OS Android dengan beragam versi mereka dan juga dengan spesifikasi yang merea inginkan. Tentunya dengan adanya beragam spesifikasi tersebut akan menentukan harga jualnya ponsel pintar tersebut.

Kita semua tahu, jika smartphone Android yang versi low end bisa dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan kebanyakannya bisa dijual sekitar 1 juta rupaih kebawah, sementara untuk ponsel pintar android yang premium lengkap dengan spesifikasi tinggi, maka ponsel pintar tersebut bisa mencapai harga 6 juta rupiah. Dengan adanya keterbukaan tersebut, maka tentu saja android lebih diminati dan lebih disukai berbagai lapisan masyarakat.

Jika kita menghitungnya, ternyata harga smartphone Android yang belakangan ini diproduksi ternyata  hanya setengah dari harga iPhone yang sekarang ini dijual di pasaran. Menurut pantauan, harga iPhone di pasaran tergolong stabil dengan angka berkisar antara 5 sampai 6 juta rupiah. Selain itu juga, perbedaan harga antara keduanya yang terus terjadi dari tahun ke tahun semakin bertambah lebar dan membuat persaingan antara keduanya semakin sengit.

1751396price-gap780x390

Perbandingan harga iOS dengan Android

Semua temuan tersebut diungkap oleh sebuah lembaga riset Statistica yang meneliti dan juga membandingkan harga rata-rata ponsel pintar berbasis Android dan juga iOS di seluruh dunia yang masih beredar dipasaran. Seperti dikutip dari Phone Arena,  dalam beberapa tahun belakangan ini harga jual rata-rata hampir semua perangkat Android telah menurun drastis. Jika di tahun 2013 yang lalu rata-rata smartphone Android yang dijual dipasaran dijual dengan kisaran harga 276 dollar AS sampai 300 dollar AS, sementara untuk harga iPhone maish tetap stabil di anggka 650 dollar AS dengan tanpa kontrak ataupun subsidi operator seluler.

Sementara itu, jika dirunut kepada tahun 2010 silam, kita semua tahu bahwa harga rata-rata smartphone Android ketika itu masih tergolong sangat tinggi, yaitu berharga sekitar 441 dollar AS. Akan tetapi dari tahun ke tahun harga ponsel pintar android ini semakin turun dan tentu saja ini telah membuat Andrid semakin populer dan mampu menguasai pangsa pasar smartphone di dunia. Tentu saja iPhone dengan harga mahalnya berhasil meraup untung yang besar, sementara itu andorid dengan harga murahnya berhasil mendapatkan populeritas dunia.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *