Persaingan Pasar Ponsel, Windows Phone Mengalahkan BlackBerry

By on March 10, 2014
3. Persaingan Pasar Ponsel, Windows Phone mengalahkan BlackBerry 2

Persaingan pasar ponsel memang tidak bisa diprediksi dengan tepat karena pasar selalu bergerak naik turun. Begitu pula dengan posisi produsen ponsel yang menguasai pasaran. Bisa diprediksi saat ini yang menguasai posisi puncak penjualan ponsel dan gadget ada dua yaitu Samsung dan Apple. Keduanya silih berganti menduduki posisi teratas penjual ponsel paling laris.

Selain itu persiangan pasar ponsel yang didasarkan pada OS juga masih sama yaitu dikuasai iOS dan Android. Keduanya saling bergantian menduduki puncak penguasa. Dibawah kedua produsen terbesar ponsel tersebut ada BlackBerry yang selama beberapa tahun terakhir selalu mengekor di posisi tiga penguasa pasar ponsel.  Hal ini terjadi karena beberapa tahun ini penjualan BlackBerry cenderung lesu.

Sementara itu kabar mengejutkan datang dari penjualan ponsel berbasis Windows Phone. Dikabarkan pada awal tahun 2014 ini ponsel berbasis Windows Phone mengalahkan BlackBerry. Hal ini rupanya tidak terlalu mengejutkan karena memang penjualan BlackBerry belum menunjukkan kenaikan dan juga penjualan Windows Phone naik dengan drastis. Ada beberapa hal yang menyebabkan ponsel berbasis Windows Phone mampu menyodok Blackberry.

harga blackberry, wondows phone, blackberry, pasar ponsel, hp

Hal pertama yang membuat Windows Phone mengalahkan BlackBerry adalah dibelinya Nokia oleh Microsoft yang tak lain adalah induk atau produsen Windows Phone. Maka mau tak mau Nokia dijadikan senjata oleh Bill Gates untuk melakukan penetrasi pasar ponsel dan ikut larut dalam persaingan pasar ponsel dunia yang semakin sengit. Nokia adalah produsen ponsel yang sangat terkenal di masa lalu dan ambruk karena kalah saing dengan Apple an Android.

Dengan dibawah Microsoft maka produk-produk Nokia akan mendapat suntikan teknologi dari Microsoft dan tentu saja OS Windows Phone.Oleh sebab itu bisa saja suatu saat atau bahkan sebentar lagi Windows Phone mengalahkan BlackBerry. Faktor kedua yang membuat Windows Phone bisa mengalahkan BlackBerry adalah fitur-fitur Windows Phone yang lebih kaya dari pada BlackBerry. Dikabarkan ponsel berbasis Windows Phone akan menggandeng berbagai vendor  yang memproduksi aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan di Windows Phone sementara BlackBerry tidak melakukan hal serupa.

Hal tersebut membuat para calon pembeli cenderung memilih membeli ponsel berbasis Windows Phone daripada Blackberry sehingga pada persaingan pasar ponse, sang Windows Phone mengalahkan Blackberry. Hal-hal tersebut juga mempengaruhi keputusan operator-operator telepon dunia dalam memilih partner mereka. Seperti contoh di London, operator London Three UK memilih Windows Phone daripada Blackberry sebagai partner mereka karena dinilai lebih bisa berkembang.

Selain itu mereka beralasan bahwa saat ini Windows Phone adalah pilihan terbaik karena para operator melihat bahwa Blackberry sedang dalam kondisi kritis, kata Arndt, manager Three UK. Tambahnya lagi, ada banyak pelanggan Three UK yang memberikan respon positive terhadap platform Windows Phone yang dipergunakan operator ini di Inggris.

harga blackberry, wondows phone, blackberry, pasar ponsel, hp

BACA JUGA:

Acer Absen dari Gerbong Windows Phone

Nokia Siap Luncurkan Ponsel Windows Phone 8.1

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *