Pengguna Android Kini Bisa Chatting secara offline

By on April 7, 2014
1046350Firechat780x390

Salah satu fitur yang paling diminati dari berbagai ponsel yang hadir belakangan ini tentu saja adanya aplikasi chatting atau fitur sosial lainnya. Khusus untuk fitur chat ini, belakangan banyak sekali pilihan yang terus bermunceulan dan menawarkan berbagai terobosan baru. Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik para pecandu chat untuk memakai produk mereka. Dan salah satu yang terbaru adalah aplikasi FireChat.

Setelah sua minggu yang lalu sempat dirilis di platform iOS dan langsung banyak diunduh para pengguna iPhone di seluruh dunia. Kini aplikasi FireChat juga sudah tersedia untuk platform Android.

Mungkin anda masih terheran-heran, kenapa aplikasi FireChat ini langsung diburu di iPhone, padahal aplikasi ini merupakan aplikasi baru dan masih banyak aplikasi chat lainnya yang sudah terlebih dahulu Booming? Setelah diteliti, ternyata aplikasi FireChat ini akan mengungkinkan para pengguna untuk bisa berkirim pesan tanpa harus menggunakan jaringan seluler atau dengan istilahnya percakapan secara offline.

Maka dari itu, aplikasi FireChat ini disukai banyak pengguna karena juga tidak memakan biaya langganan data yang selama ini biasa dibebankan kepada mereka yang menggunakan aplikasi chat lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai kemudahan dan kecepatan pengiriman data. Selain itu, khusus untuk versi Android dari FireChat tersebut memiliki antarmuka yang berbeda dengan versi iOS yang sudah terlebih dahulu dirilis, tetapi dalam keduan sistem operasi tersebut masih tetap menyediakan fungsi yang sama, yakni bisa chatting tanpa menggunakan layanan data.

Selain kemampuan berkirim pesan teks secara offline, ternyata pengguna juga bisa melakukan pengiriman pesan secara anonim atau bisa dengan tidak menyertakan identitas asli atau identitas pribadi. Layanan messaging anonim seperti ini mulai marak diperkenalkan dan saat ini dan banyak sekali disukai oleh para pengguna mobile di dunia.

Jika dalam versi iOS-nya FireChat ini menggunakan framework Multipeer untuk berkirim pesan secara offline, maka di platform Android, FireChat menggunakan open Garden selaku developernya untuk memanfaatkan teknologi mesh network, yang merupakan topografi jaringan di mana setiap titik-titiknya akan saling bekerja sama merelay data yang dikirimkan pengguna.

Framework yang dibangun oleh Open Garden di platform Android tersebut kini diklaim sebagai sistem yang memiliki jangkauan hingga 10 meter jauhnya. Tapi menurut Tech Crunch, ternyata jangkauan tersebut akan semakin luas jika pengguna aplikasi tersebut semakin banyak di lokasi yang sama.

Satu kekurangan dari sistem ini, karena mengusung framework yang berbeda, hal ini akan menyebabkan aplikasi FireChat di perangkat Android dan iOS tidak bisa berkomunikasi satu sama lain karena tidak kompatibel.

 1050255Screenshot-Firechat780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *