Pemindai Sidik Jari Galaxy S5 Bisa Dibobol

By on April 18, 2014
2102098Galaxy-s5-8780x390

Dalam rilis yang dibuat oleh pihak Samsung, fitur pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy S5 ini telah menjanjikan keamanan dan kemudahan dalam mengatur aspek sekuriti ponsel pintar di dunia ini, seperti dalam membuka kunci layar dan mampu berbelanja lewat layanan PayPal dengan aman.

Tapi bukan berarti finger print scanner pada ponsel flagship Samsung ini tidak bisa dijebol oleh tangan-tangan jahil. Ternyata klaim keamanan tingkat tingg ini baru saja ditepis oleh sekelompok peneliti dari firma keamanan Jerman, yang bernama Security Research Labs atau yang dikenal dengan nama SRLabs.

Seperti yang dilansir dalam laman ArsTechnica, ternyata para peneliti dari SRLabs tersebut menggunakan jari palsu yang dibubuhi gambar sidik jari sehingga penyerupai jari asli. Jari palsu tersebut kemudian dibuat dengan cara mencetak sidik jari yang tertinggal di layar ponsel tersebut, setelah itu kemudian dibuat cetakannya dari lem dan semprotan grafit khusus.

Setelah itu selesai, maka hasil cetakan tersebut digeserkan di atas sensor yang terletak di atas tombol telepon yang sedang menjadi sasaran. Akhirnya, tanpa menunggu lama lagi, ponsel dengan tingkat keamanan privasi yang tinggi itu pun membuka kunci layarnya dan bisa diakses oleh para peneliti dari SRLabs.

Sebenarnya, metode serupa juga sebelumnya pernah dipakai untuk menjebol sensor TouchID pada iPhone 5S beberapa waktu yang lalu. Tapi para peneliti mencatat bahwa mekanisme pemindai sidik jari pada Galaxy S5 ini dinilai lebih rawan karena Galaxy S5 ini tidak seperti iPhone 5 yang memiliki tingkat keamanan backup, perangkat Samsung Galaxy S5 ini tidak meminta password ketika sidik jari yang salah dimasukkan secara berulang kali.

Ben Schlabs, yang merupakan salah satu peneliti SRLabs mengatakan bahwa pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy S5 ini tidak menawarkan sesuatu yang baru sama sekali, sehingga sangat pantas jika ponsel pintar berharga mahal ini dinilai lebih rawan daripada pesaingnya yang telah lebih dulu diluncurkan, yakni iPhone S5 yang dinyatakan sebagai produk gagal.

Schlabs juga menambahkan bahwa, jika seseorang yang melakukan kesalahan lima kali ketika mencoba membuka layar ponsel, Galaxy S5 ini akan terkunci dan minta password. Tapi sayangnya, jika Anda lebih dulu mematikan layar dan kembali menyalakannya, maka tentu saja Anda akan bisa mencobanya lagi. Dan ini bisa dilakukan secara berulang-ulang.

Paypal ikut bisa ikut dibobol

Sistem pengaman berbasis sidik jari pada Galaxy S5 ini juga kita tahu terkait dengan sistem pembayaran online PayPal sehingga siapa pun yang berhasil menjebolnya akan turut mengontrol akun PayPal pemilik perangkat tersebut, termasuk juga mempunyai akses untuk mentrasfer uang dan melakukan pembelian dengan akun paypal tersebut.

 2. Samsung Galaxy S5 Hadir di Indonesia Dengan Harga 8,5 Juta  3

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *