pattern unlock ala Apple Segera Dipatenkan

By on April 21, 2014
2a Sekali Lagi, Apple Mengeluarkan Produk Baru Berupa iPad 6 Tahun Depan

Selama ini Gadget Apple memang dikenal dengan mekanisme pembuka kunci layar slide to unlock yang memang menjadi ciri khas dari setiap gadget yang diproduksinya, sedangkan perangkat Android dikenal memiliki pattern unlock dimana untuk membuka kunci pengguna harus menyapu jari melewati sejumlah titik yang akan ditampilkan untuk membentuk pola tertentu sehingga menjadi kunci khusus yang dinilai aman.

Mekanisme ini juga yang telah disertakan dalam ponsel Android sejak tahun 2008 tersebut sampai saat ini menjadi salah satu fitur keamanan yang lebih terjamin di samping opsi input PIN atau password dan identik dengan perangkat berbasis sistem operasi tersebut.

Dan belakangan ini, sepertinya pihak Apple merasa sangat tertarik dengan metode pembuka kunci yang mengandalkan gerakan jari tersebut. Menurut informasi yang baru mengemuka menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2012 yang lalu, pihak Apple telah mengajukan paten untuk teknologi bernama Gesture entry techniques. Tehni ini tak lain merupakan varian pattern unlock untuk dipakai di gadget yang diproduksi pihak Apple.

Menurut penjelasan yang didapatkan dari dalam dokumen paten yang dikutip dalam laman situs Geek.com, sama seperti pada ponsel Android, ternyata pattern unlock ala Apple ini juga menyediakan sembilan titik 3×3 di layar yang harus dihubungkan secara khusus oleh penggunanya. Tapi yang membedakan ini semua, mekanismenya lebih canggih karena pengguna bisa menambahkan titik-titik tak terlihat yang juga harus dilewati atau dihindari untuk melakukan unlock tersebut.

Selain itu juga, ternyata pengguna juga bisa memasukan persyaratan tertentu agar proses unlock terlihat lebih sulit dilakukan oleh orang yang tidak berhak atas gadget tersebut, misalnya saja dengan mengharuskan jari untuk berhenti selama beberapa saat ketika berada di titik tertentu atau ketika jari harus menunjukan pola tertentu supaya proses unlock berjalan lancar seperti biasanya.

Walaupun ini dinilai sangat canggih, sepertinya kecil kemungkinannya bahwa Apple akan segera menerapkan teknologi tersebut di gadget mobile buatannya, apalagi iPhone 6 yang akan sebentar lagi di perkenalkan ke pasaran. Perusahaan tersebut untuk sementara ini masih terlihat lebih fokus dengan pengembangan mekanisme pemindai sidik jari TouchID yang kemarin sempat diberitakan rawan do bobol.

Selain itu juga, para pengamat memperediksi bahwa pattern unlock ala Apple ini sengaja dikembangkan supaya produk-produk yang mereka produksi bisa menjadimn keamanan privacy para penggunanya. Hal tersebut disinyalir sebagai respon dari bobolnya TouchID sebagai fitur unggulan untuk mengamankan privacy pengguna iPhone dan produk Apple lainnya.

Selain itu, pattern unlock ala Apple ini kabarnya akan difungsikan juga sebagai kunci pengaman ganda untuk fitur anti maling yang terhubung ke cloud yang kemairn juga sempat dibobol dan mampu dinonaktifkan oleh para pakar keamanan.

0949452apple7780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *