NVivida Ciptakan Super Komputer Khusus Mobil Balap

By on April 7, 2016
NVidia PX 2 1

Tidak hanya bia digunakan untuk mengantar penumpang saja, mobil otonomos pun nantinya akan bisa  dijadikan tontonan dalam ajang balap. Saat ini, kejuaraan balap mobil tanpa sopir pun sedang dipersiapkan dengan nama Roborace Championship.

Rencananya, kejuaraan Roborace Championship ini akan digelar pertama kali di sirkuit internasional Formula E mulai seri 2016-2017 yang digelar akhir tahun ini.

Seperti dilansir dalam Tech Radar, mobil-mobil balap tanpa sopir tersebut kedepannya akan diotaki super komputer PX 2 besutan Nvidia yang diperkenalkan pertama kali dalam ajang CES 2016 di Las Vegas, awal Januari lalu.

PX 2 sendiri hadir dengan diperkuat prosesor 12-core yang mampu menghasilkan daya komputasi hingga 24 triliun penghitungan per detik. Menurut Nvidia, kekuatan chipset yang satu ini setara dengan 150 komputer Apple MacBook Pro dan akan digunakan untuk memproses program artificial intelligence (AI) si pembalapnya nanti.

Uniknya lagi, super komputer ini hanya seukuran kotak makan siang, dan dibekali dengan kemampuan memproses berbagai macam informasi, dari mulai sensor yang tertanam di mobil, kamera, radar, GPS serta peta beresolusi tinggi.

NVidia PX 2

Mobil yang berlaga dalam kejuaraan Roborace Championship sendiri akan menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, serta dibekali kemampuan berakselerasi hingga 300 kpj. Untuk rancangannya sendiri dikerjakan oleh Daniel Simon, orang yang berperan penting dalam film sci-fi futuristik populer, Tron: Legacy.

Dalam ajang ini, setiap tim akan ikut serta dengan sepasang mobil tanpa sopir. Yang paling menarik, karena semuanya menggunakan komponen yang sama dan spesifikasi yang sama pula, maka satu-satunya faktor yang bisa memengaruhi kinerja balap adalah perbedaan software dan kemampuan si pengemudi dalam mengendalikan mobil otonomosnya nanti.

Cukup menarik bukan? So, kita tunggu apa saja kejutan yang akan tersaji dalam ajang Roborace Championship? Apakah dimasa depan mobil robot akan menguasai dunia balapan juga? Kita lihat saka nanti!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *