Nokia X Mulai Disebar Ke Developer

By on February 21, 2014
nokia

Salah satu berita yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah tentang sebuah rumor mengenai keberadaaan sebuah ponsel berbasih besutan raksasa ponsel dunia, Nokia. Keberadaan ponsel Android pertama untuk Nokia sudah banyak ditunggu-tunggu oleh pengguna gadget dari Finlandia ini sejak tahun 2013 silam. Dan kabar yang paling baru menyebutkan bahwa pihak Nokia sudah mulai membagikan handset jenis barunya ini ke beberapa pengembang aplikasi yang berasal dari India.

Ada kabar bahwa sejumlah pengembang telah berupaya untuk menghadirkan beberapa aplikasi pendukung yang akan dipasang pada ponsel yang akan diberi nama Normandy ini. Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, walaupun Android akan dipasang pada ponsel Normandy, sayangnya ponsel ini akan tidak didukung oleh Google, yang mana merupakan salah satu hal yang dikecewakan oleh banyak penggemarnya.

Hal ini akan membawa dampak yang cukup besar tentunya. Misalnya saja, ponsel yang akan diberi nama Nokia X ini tidak akan tersedia di toko aplikasi yang berbasis Google Play Store, yang merupakan pusat aplikasi untuk Android. Tentu, hal ini bisa menjadi sebuah masalah sendiri. Untungnya, ada sebuah kabar menyebutkan bahwa Nokia akan hadir dengan toko aplikasi miliknya sendiri, yang tentunya didukung oleh ekosistem yang sudah dimilikinya.

Seperti yang sudah diberitakan oleh BGR, pada saat ini Nokia sedang mengembangkan sebuah toko aplikasi online untuk platform Android pertamanya tersebut dan akan diberi nama Asha on Linux atau akan lebih dikenal dengan sebutan AoL. Yang lebih mengejutkan lagi, saat ini saja sudah ada lebih dari 100 macam aplikasi yang sudah tersedia di AoL untuk Nokia yang tadinya sudah tersedia di Play Store dan juga App Store.

nokia, android, normandy, smartphone, developer, gadget

Dengan perkembangan yang sangat cepat tersebut, Nokia tentunya akan memastikan beberapa aplikasi yang dibutuhkan sebagai pendukung akan dapat untuk dikonfigurasi dengan handset yang mereka miliki. Selain membuat toko online-nya sendiri, konon katanya perusahaan yang berasal dari Finlandia tersebut tengah bersiap-siap untuk merilis Nokia X di sebuah ajang gadget besar dunia minggu depan, tepatnya di ajang tahunan yang bernama Mobile World Congress 2014.

Ponsel berbasis Android pertama untuk Nokia tersebut akan menjadi salah satu bagian paling baru bagi keluarga Asha. Nokia X, katanya, akan dilengkapi dengan fitur canggih dan terkini, misalnya akan hadir sebauh layar berukuran cukup besar, yakni 4 inci WVGA. Prosesor yang diusungnya juga tidak main-main, yaitu prosesor dual-core 1 GHz Snapdragon. Dengan Ram sebesar 512 MB dan memori internal sebesar 4GB, ponsel tersebut bisa menjadi buah hati baru yang paling dinanti.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar dengan kehadiran ponsel ini, Nokia X baru akan dipasarkan pada bulan April mendatang. Untuk tanggal pastinya, hingga saat ini pihak Nokia masih belum mau untuk memberikan konfirmasi lebih lanjut.

nokia, android, normandy, smartphone, developer, gadget

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *