Nokia Tetap Luncurkan Ponsel Android Meski Diakuisisi Microsoft

By on February 27, 2014
microsoft-and-nokia

Proyek ponsel Android dari Nokia berlangsung sebelum Microsoft berhasil merampungkan proses akusisinya terhadap Nokia. Tidak lama lagi, proses tersebut akan selesai dan Nokia akan menjadi milik Microsoft. Lalu, apa yang akan dilakukan Microsoft terhadap proyek Android dari Nokia tersebut?

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu Nokia sudah meluncurkan tiga ponsel Android sekaligus, yakni Nokia X,  Nokia X+ serta  XL. Tetapi beberapa pihak mempertanyakan apakah memang Microsoft akan merestui tindakan Nokia dalam mengadopsi Android.

Ben Wood yang merupakan analis CCS Insight dari pihak Nokia mengatakan bahwa langkah perusahaan Nokia yang segera menjadi milik Microsoft dalam mengadopsi Android hampir seperti sebuah pengakuan akan kegagalan Window Phone. Dengan mengadopsi Android, maka Windows Phone bikinan Microsoft yang selama ini dipakai oleh Nokia terkesan kurang berhasil dipasaran jika dibanding Android.

Saya yakin jika keputusan untuk mengadopsi sistem Android adalah karena Nokia merasa hanya ada sedikit pilihan yang ada dalam hal pemasaran, mengingat bahwa dominasi dari Android pada produk ponsel dan aplikasi, khususnya untuk pasar di negara berkembang, kata Ben.

Dia juga mengatakan bahwa pasar smartphone murah menjadi kesempatan yang sangat besar  bagi perusahan-perusahan ponsel dan akhirnya Nokia harus memakai software dari rival yakni Android untuk meningkatkan penjualan produknya.

Meski Nokia telah menjanjikan bahwa masih akan ada lagi model ponsel dengan sistem Android yang mereka keluarkan, tetapi bisa jadi strategi itu berubah saat Microsoft telah berhasil mengakusisinya. Jika Microsoft merestui Android Nokia terus dilanjutkan maka bisa menjadi  keuntungan tersendiri.

Perusahan Amazon telah membuktikan dengan Kindle Fire bahwa sistem Android bisa menjadi platform untuk menyukseskan layanannya sendiri dan hal tersebut juga bisa dilakukan oleh perusahaan Microsoft, kata Jeffrey Van Camp dari pihak AllThingsD.

 Sementara itu, setelah diluncurkan di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona kemarin Nokia X yang merupakan ponsel pertama nokia dengan sistem android kini tinggal menunggu restu untuk masuk ke Tanah air.

Sebelum memberikan sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun  kini tengah menguji ponsel Android besutan Nokia tersebut. Hal tersebut diketahui saat dicek di situs Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika atau SDPPI. Pada situs tersebut disebutkan bahwa Nokia dan Trikomsel sama-sama telah mengajukan sertifikasi produk untuk ponsel Nokia dengan kode RM-980/RM-980 yang berasal dari manufaktur asal Negara China.

RM-980 sendiri merupakan kode produk dari Nokia X yang dulu sempat disebut sebagai proyek Normandy oleh Nokia. Tetapi tidak diketahui, kapan tepatnya tanggal pasti peluncuran ponsel Android Nokia ini untuk Negara Indonesia. Yang pasti, akan ada tiga seri Android yang akan masuk ke Indonesia, yakni Nokia X, Nokia X+ dan terakhir adalah XL.

 nokia-mwc-42

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *