Nokia Siap Luncurkan Ponsel Windows Phone 8.1

By on March 5, 2014
Windows Phone 8.1

Meksipun pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2014 kemarin Nokia memutuskan untuk turut mengadosi platform Android dengan merilis tiga smartphone terbaru mereka sekaligus merupakan ponsel android pertama Nokia yakni Nokia X, X+ dan XL. Tetapi bukan berarti produsen yang berasal dari Findlandia itu sepenuhnya berpaling dari sistem operasi Windows Phone milik Microsoft. Terlebih lagi divisi perangkat dari Nokia saat ini hampir pasti akan menjadi bagian dari perusahaan raksasa Microsoft. Tentu adalah mustahil bagi Nokia untuk mengabaikan Microsoft dan memakai sistem lain sepenuhnya.

Sebagi bukti atas kesetiaan Nokia kepada Microsoft tersebut, informasi terbaru menyebutkan bahwa Nokia saat ini tengah mempersiapkan smartpone terbaru mereka yang akan mengusung sistem operasi teranyar dari Microsoft yakni Windows Phone 8.1. Seperti yang dilansir dari laman WP Central, kabar tersebut pertama kali disebarluaskan oleh akun Twitter bernama @evleaks yang diketahui memang sering sekali membocorkan informasi terbaru mengenai dunia teknologi. Belum lama ini juga akun tersebut berkicau bahwa Nokia akan menggunakan kode nama internal Martini untuk sebuah perangkat terbaru mereka yang berbasis Windows Phone Blue yang merupakan nama lain untuk update sistem operasi dari Windows Phone 8.1.

Selain dibocorkannya nama perangkat baru dari Nokia tersebut @evleaks juga telah mengungkapkan kabar lain yang menyebutkan bahwa Nokia sedang menyiapkan Lumia 630 yaitu smartphone yang akan dijual dengan harga terjangkau. Kabarnya smartphone dari Nokia tersebut akan meluncur pada pertengahan April mendatang. Smartphone ini juga diprediksi akan menjadi perangkat berbasis Windows Phone 8.1 lain dari Nokia.

Jika berita itu benar-benar terjadi maka hal itu akan sesuai dengan apa yang telah diperkirakan oleh banya pihak sebelumnya. Seperti yang beritakan sebelumnya, sejumlah analis telah memperkirakan bahwa Microsoft akan mengumumkan kehadiran Windows Phone 8.1 pada bulan April 2014 mendatang. Bersamaan dengan momen tersebut maka akan diperkenalkan juga fitur voice assistant yang merupakan saingan dari Siri dan Google Now. Konon fitur tersebut akan diberi nama Cortana.

Fitur Cortana ini sebenarnya sudah bocor kepada publik sejak akhir 2013 yang lalu. Cortana merupakan teknologi dari microsoft yang memiliki kemampuan untuk belajar serta beradaptasi. Dengan mengandalkan engine yang ditenagai oleh mesin pencari berbasis internet bernama Bing, program ini akan sangat membantu para pengguna.

Cortana ini juga dikabarkan bukan hanya sekedar aplikasi yang memungkinkan perangkat dengan pemilik bisa saling berinteraksi. Tetapi lebih dari itu Cortana memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi secara alami dengan menggunakan perintah suara layaknya sedang berinteraksi dengan asisten sungguhan. Wah, jika cortana memang berhasil diproduksi maka ini merupakan suatu revolusi dalam bidang smartphone yang tentu akan sangat dinanti para calon pembeli.
Aplikasi Window Phone

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *