Mengintip Lebih Dalam Nokia Store

By on March 27, 2014
nokia_1

Meskipun memiliki OS berbasis Android, tetapi jangan harap menemukan pasar aplikasi GooglePlay pada Nokia X. Sang vendor yang berasal dari Finlandia tersebut telah menggantikannya dengan Nokia Store.  Mungkin memang benar bahwa Nokia X mengandalkan OS berbasis Android, tetapi Nokia telah mengklaim hanya akan menggunakan pondasi dari OS besutan perusahaan Google tersebut. Hasilnya adalah, seluruh layanan dari Google yang telah tertanam di dalamnya disingkirkan serta digantikan oleh layanan dari Nokia, salah satunya yang paling menonjol adalah Nokia Store.

Nokia Store sejatinya memang tidak jauh berbeda dengan pasar aplikasi GooglePlay yang terdapat pada kebanyakan ponsel dari Android.  Perbedaan kedua layanan tersebut hanya terletak pada tampilannya yang sedikit agak berbeda. Para pengguna Nokia X dipastikan akan langsung familiar dengan penggunaan dari Nokia Store yang user-friendly tersebut.

Seperti halnya GooglePlay, ketika mengakses Nokia Store, maka pengguna juga akan langsung disuguhkan dengan berbagai tampilan aplikasi yang saat ini sedang popular atau yang direkomendasikan. Jika ingin lebih spesifik, maka pengguna bisa mencari aplikasi yang ingin di-download dengan memilih kategori yang tersedia.

Cara mengakses Nokia Store ini terbilang mudah, para pengguna Nokia X cukup memilih ikon yang berada di bagian kiri atas layar. Lalu kemudian setelah itu, akan keluar beragam kategori aplikasi yang bisa dipilih mulai dari entertainment, games dan beragam kategori lainnya.

Jika pengguna memilih salah satu dari semua kategori yang ada, misalkan pengguna memilih kategori game, maka berbagai aplikasi game yang muncul juga akan diurutkan mulai dari yang paling atas sebagai yang paling popular. Hal ini sangat mirip dengan GooglePlay.

Setelah pengguna menjatuhkan pilihan pada salah satu jenis aplikasi, maka pengguna hanya tinggal memilih aplikasi tersebut lalu kemudian tinggal download dan tunggu proses download sampai selesai untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Meskipun digarap oleh pihak Nokia sendiri, tetapi jangan khawatir mengenai kuantitas dari aplikasi yang bisa di-download dari Nokia Store ini. Nokia telah mengklaim Nokia Store miliknya dijejali dengan ratusan ribu aplikasi dan dipastikan akan terus bertambah.

Lalu,  bagaimana jika sewaktu-waktu aplikasi yang diinginkan pengguna belum tersedia pada Nokia Store? Mengenai hal yang satu ini, pihak Nokia pun tidak menutup mata. Lewat metode side-loading, para pengguna hanya tinggal men-download file mentah APK dari aplikasi yang ingin di instal dari sumber lain di internet. Setelah pengguna memperoleh APK yang diinginkan, maka tinggal copy file tersebut ke dalam media penyimpanan dari Nokia X tersebut untuk kemudian diinstal. Hal ini  sama mudahnya seperti menginstal aplikasi pada ponsel Android lainnya. Dengan demikian, para pengguna yang terbiasa dengan Google store tidak akan kesulitan untuk menggunakan Nokia store karena tampilannya yang begitu mirip dengan Google store.

1559416nokiaxandroid780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *