Mampukah Yahoo Menjadi Search Engine Default iOS?

By on April 18, 2014
1011375marissa-mayer780x390

Marissa Mayer, yang merupakan CEO Yahoo ingin habis-habisan berhadapan dengan kantor lamanya, yakni Google. Setelah kemarin terungkap rencana besar mereka yang akan membuat situs berbagi video sebagai pesaing YouTube, sekarang ini Yahoo akan mencoba menyaingi Google di ranah mobile. Rencananya Mayer juga ingin menantang Google dengan menjadikan Yahoo sebagai mesin pencari bawaan dalam gadget besutan Apple, baik itu iPhone, iPad maupun MacBook.

Jika kita melihat di antara situs-situs pencarian lainnya, ternyata hanya Yahoo saja yang saat ini belum memiliki induk resmi di segmen mobile searh. Kita tahu Google Search telah menjadi mesin pencari default milik smartphone Android dan iOS. Selain itu, Bing telah lebih dulu menjadi mesin pencari default dalam Windows Phone dan digunakan juga oleh Siri sebagai mesin pencari utamanya.

Dan kini, rencana Marissa Mayer ingin menjadikan Yahoo sebagai search engine default dalam iOS tersebut diberitakan oleh situs tehnologi Recode. Menurut salah satu sumber Internal dari Yaho, kepada Record dia mengatakan bahwa ini merupakan tujuan dari segala upaya yang dilakukan oleh Yahoo supaya digunakan sebagai mesin pencari iOS, termasuk mengirim langsung Marissa Mayer ke Apple.

Seperti yang dikutip dari laman Record, Marissa Mayer telah melakukan pendekatan ke beberapa petinggi Apple, dan termasuk juga kepada Jony Ive, Kepala Desain dari Apple yang dikenal sangat dekat dengan eksekutif Google.

Seorang sumber yang sampai saat ini tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan bahwa butuh lebih dari sekadar presentasi desain yang bagus untuk meyakinkan Apple beralih ke Yahoo sebagai mesin pencari defaultnya, mengingat selama ini Google lebih dikenal memiliki produk-produk unggul yang disukai banyak konsumen diseluruh dunia, tapi dia mengatakan bahwa Marissa benar-benar ngotot menginginkan hal tersebut.

Tentu saja Yahoo akan memiliki dana yang cukup kuat untuk melakukan pendekatan kepada pihak Apple, apalagi jika ini dilakukan oleh Marissa langsung. Sebab, Alibaba.com kabarnya akan akan melakukan IPO di akhir tahun ini. Seperti kita ketahui, Yahoo memiliki sekitar 24 persen saham di dalam tubuh perusahaan tersebut, dan sepertinya dana tersebut bisa digunakan oleh Marissa untuk mewujudkan ambisinya merayu Apple.

Kalau melihat masa lalu, sebenarnya Yahoo dan Apple sendiri memiliki sejarah kerjasama yang cukup dekat dimasa lalu. Yahoo selama ini telah menjadi sumber data utama yang digunakan aplikasi cuaca dan informasi saham dalam iPhone. Sampai saat ini, Aplikasi tersebut masih mendapatkan pembaruan dengan tampilan yang lebih cantik dan elegan. Kedekatan itu jugalah yang diharapkan bisa memuluskan rencana Marissa untuk merayu pihak Apple.

Marissa Mayer, Penentu Masa Depan Yahoo

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *