Lenovo Siap Untuk Pasarkan Produk Motorola

By on February 15, 2014
lenovo_motorola_net

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pihak Google telah melepas Motorola Mobility kepada perusahaan Lenovo dengan harga US$ 2,91 milyar atau sekitar Rp 35 trilyun kalau dirupiahkan.

Perusahaan pembesut sistem operasi Android tersebut melepas Motorola dengan harga yang tergolong murah. Perusahaan Lenovo Membeli Motorola dengan harga USD 2,91 miliar, Jauh di bawah kocek yang telah dikeluarkan oleh Google ketika membeli perusahaan tersebut. Hal ini disebabkan karena Motorola memiliki kondisi keuangan yang tidak begitu sehat sewaktu masih berjalan dengan pihak Google. Tentu ini adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi pihak Lenovo mengingat harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan saat Google membeli perusahaan tersebut.

Atas kesepakatan tersebut, Lenovo berhak atas paten yang dimiliki Motorola dan juga mendapat lisensi dari divisi perangkat Motorola Mobility termasuk lisensi dari dua smartphone andalan mereka yang baru diluncurkan yakni Moto X dan Moto G.

Perusahaan Lenovo sendiri menyadari bahwa kondisi keuangan yang buruk tengah melanda Motorola. Meskipun demikian, perusahaan asal China ini optimis bahwa kerugian yang dialami pihak Motorola dapat dengan mudah diperbaiki.

Yang Yuanqing selaku CEO dari perusahaan Lenovo bahkan memprediksi kondisi keuangan Motorola tersebut akan membaik hanya dalam hitungan beberapa kuartal ke depan. Akan tetapi meskipun demikian, pembelian Motorola oleh pihak Lenovo tersebut masih harus menunggu persetujuan dari pihak pemerintah Cina dan juga Amerika Serikat.

Jika perusahana Lenovo sudah berhasil mengantongi izin penjualan dari kedua pemerintah Negara tesebut, maka perusahan Lenovo sudah bisa memiliki aset Motorola sepenuhnya dan dengan segera dapat melakukan transformasi pada perusahaan tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari pembelian ini.

Menurut informasi dari GSM Arena,  transformasi tersebut akan dimanfaatkan oleh pihak Lenovo untuk menekan biaya material beserta biaya manajemen untuk  skala global. Perusahaan Lenovo akan meluncurkan dan memperkenalkan kembali produk dari Motorola ke Negara Cina dan pasar-pasar di Negara lain yang saat ini tengah berkembang. Sepertinya Indonesia juga akan termasuk, itu berarti tidak lama lagi kita akan bisa kembali menikmati produk dari Motorola tersebut

Saat ini, pihak Lenovo sendiri sudah berhasil memasarkan lebih dari 14 juta unit ponsel di daerah Cina hanya di kuartal keempat tahun 2014. Jumlah tersebut meningkat sebesar 47% jika dibandingkan dengan apa yang diperoleh perusahaan tersebut di tahun 2013.

Lenovo bermaksud menerapkan merek Motorola sebagai produk yang akan digunakan untuk pasar kelas atas maupun untuk kelas bawah. Hal ini akan seperti kombinasi pemasaran dari ponsel Moto X dan Moto G yang merupakan andalan dari Motorola. Akan tetapi, masih belum terungkap dengan jelas bagaimana langkah transformasi dari kedua perusahaan tersebut ketika bergabung nantinya. Tetapi tentu saja hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat menarik. Kita tunggu saja kejutan apa yang akan terjadi

a301b0bc1a5456044a0f6a7067009a6e_original

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *