Xiaomi Paparkan Strategi Masuki Pasar Mobile Indonesia

By on June 8, 2014
1. Xiaomi Paparkan Strategi Masuki Pasar Mobile Indonesia  1

Rupanya rencana salah satu vendor ponsel terbesar dar negeri tirai bambu untuk mengekspansi pasar mobile Indonesia dengan berbagai produk-produknya sudah matang dan tinggal dijalankan saja. Hal tersebut terlihat dari antusiasme Hugo Barra yang merupakan Vice President Global Xiaomi pada saat berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri pameran Indonesia Cellular Show. Dalam kesempatan tersebut, orang yang bertanggung jawab terhadap ekspansi Xiaomi ke seluruh dunia ini memaparkan strategi Xiaomi  untuk masuki pasar mobile Indonesia yang sudah sangat ketat persaingannya tersebut.

Pada saat diwawancarai secara eksklusif oleh salah satu media, Hugo Barra berkata bahwa perusahaan produsen Xiaomi telah bertekat dan telah merencanakan untuk memasarkan perangkat mereka di Indonesia. Ada beberapa alasan yang ia ungkap yang mendasari Xiaomi untuk mengekspansi Indonesia, salah satunya karena pasar Indonesia, walaupun sudah banyak merek dan jenis ponsel yang beredar, namun pasar Indonesia adalah pasar besar di Asia dan berapapun jumlah perangkat yang masuk pasti akan terserap dengan cepat.

Alasan lain yang dikemukakan Barra adalah trend semakin populernya perangkat mobile di seluruh dunia. Hal tersebut diprediksi akan membuka peluang yang lebih luas kepada para vendor mobile, termasuk Xiaomi untuk memasarkan lebih banyak perangkat pada masa mendatang. Oleh sebab itu Xiaomi telah membuat sebuah rencana untuk menggandeng retail lokal untuk mengedarkan dan menjual produk-produk Xiaomi. Selain itu Barra juga berencana untuk memasarkan produk secara online dengan membangun pondasi e-commerce yang kuat.

Untuk melaksanakan strategi masuki pasar mobile Indonesia, Xiaomi telah menggandeng salah satu distributor lokal yaitu Erafone yang mempunyai jaringan distribusi yang merata diseluruh Indonesia.  Hugo Barra juga menyebutkan bahwa penjualan secara online akan menjadi cara penjualan utama karena cara penjualan online sudah terbukti suskes di negara asalnya, India, Malaysia dan juga Singapura.  Selain itu Xiaomi juga akan menerapkan penjualan “Flash Sale” yaitu menjual produk dalam jumlah terbatas dan dalam waktu singkat.

Cara penjualan Flash Sale ini berbeda dari penjualan biasa yang cenderung menjual sebanyak-banyak dalam waktu tidak terbatas. Hal ini untuk membuat produk Xiaomi tetap eksklusif dan setiap seri hanya dimiliki oleh sedikit orang, sehingga akan lebih banyak orang yang tertarik membeli produk Xiaomi berikutnya. Lebih lanjut lagi, salah satu produk yang akan segera meluncur ke Indonesia dari pabrik Xiaomi adalah Xiaomi Mi3.

Mi3 adalah salah satu produk premium dari Xiaomi yang mempunyai spesifikasi tinggi dan berkualitas namun dengan harga yang sangat bersaing dibandingkan dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi sekelasnya. Produk yang pertama akan masuk ke pasar mobile Indonesia ini rencananya akan sampai ke pelabuhan Indonesia sekitar bulan Agustus tahun ini dan akan langsung didistribusikan.

xiaomi, pasar mobile, ponsel terbaru, gadget terbaru, hp murah

BACA JUGA:

Xiaomi Mi Pad. Kembaran iPad Dengan Harga Yang Bersahabat

Android Xiaomi Melakukan Penetrasi Pasar Indonesia

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *