Ubuntu Datang Menjajah Android dan iOS

By on November 5, 2013
2. Ubuntu Datang Menjajah Android dan iOS 1

Bagi Anda yang suka dengan informasi update dunia teknologi dan gadget pasti sudah memprediksikan bahwa belakangan ini terjadi perang yang sangat sengit antara ponsel-ponsel kelas atas. Persaingan tersebut antara lain adalah persaingan antara Android dan iOS serta persaingan antar ponsel berbasis Android itu sendiri. Kini persaingan bisa lebih sengit lagi karena akhir tahun ini diprediksi akan ada sistem operasi baru yang ingin menjajah android dan iOS. Penantang baru ini bernama Ubuntu.

Sistem operasi yang akan diluncurkan ini bernama Ubuntu Touch dan digarap oleh perusahaan Canonical. Kehadiran sistem operasi baru ini bisa menjadi hal yang serius khususnya bagi android karena Ubuntu juga dibuat dengan Linux. Ubuntu mulai diperkenalkan saat peluncuran Ubuntu 13.10 untuk desktop. Namun belum bisa dipastikan kapan Ubuntu akan dibagikan kepada developer aplikasi karena masih dalam proses penyempurnaan untuk meniadakan bug-bug yang ada.

Kabarnya Ubuntu yang akan menjajah Android dan iOS ini sudah pernah diaplikasikan untuk ponsel Nexus dan berjalan sangat lancar namun pihak developer Ubuntu sendiri masih belum pasti kapan membagikan aplikasi ini kepada pengguna smartphone. Namun menurut Gary Dean, salah satu penggiat Ubuntu di Indonesia, sistem operasi Ubuntu ini diperkirakan sudah akan bisa dinikmati pada penggila open source akhir tahun ini.

 

Saat ini memang penikmat dan penggila Ubuntu masih sangat sedikit karena kalah populer dengan sistem operasi lain. Bahkan pada versi desktopnya, Ubuntu sendiri sangat jauh dibawah Windows dan iOS namun para penggiat Ubuntu yakin bahwa Ubuntu Touch akan bisa menjajah Android dan iOS diseluruh dunia karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat fresh dan belum pernah ada. Selain itu iming-iming open source pastinya juga menarik minat penggila Ubuntu untuk berkreasi.

Fitur Ubuntu lain yang diperkirakan akan menjadi ujung tombak promosi Ubuntu Touch adalah tidak adanya kemungkinan virus menjangkiti. Linux tidak mengenal executable win32 yang berarti gadget berbasis Ubuntu Touch Anda tidak akan pernah terkena virus. Selain itu, semua aplikasi yang berbasis Linux adalah gratis dan Anda bisa mendownloadnya dari internet. Selain itu Ubuntu Touch menjajikan banuyak yang sangat baru yang belum pernah ada, namun patut disayangkan bahkan sebelum Ubuntu Touch dirilis, sudah banyak orang yang mencela dan meremehkannya.

Mungkin kritik dan celaan itu ada benarnya, sebab sampai saat ini Ubuntu Touch hanya bisa dijalankan di ponsel Nexus, walau ada klaim dari penggiat Ubuntu bahwa Ubuntu Touch telah dioprek komunitas Ubuntu agar bisa dipergunakan di Samsung Galaxy S II dan Galaxy S III. Sebaiknya kita tunda dulu semua macam celaan dan kritik. Kita tunggu sampai Ubuntu Touch dirilis baru penilaian objektive bisa dilakukan dengan benar.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *