Ponsel China Desak Apple dan Samsung

By on May 2, 2014
2. Ponsel China Desak Apple dan Samsung 1

Rupanya pada vendor ponsel asal China semakin agresif saja dalam melakukan penetrasi pasar ponsel cerdas android di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa tahun saja, pertumbuhan produksi ponsel China semakin kuat dan terus bertambah mencapai level yang sangat signifikan. Jika dalam empat tahun belakangan ini pangsa pasar Samsung dan juga Apple selalu meningkat, maka tidak dengan satu tahun terakhir ini. Mereka mengalami penurunan yang sangat signifikan walau secara kasat mata pengapalan ponsel mereka masih mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan adanya serangan Ponsel China Desak Apple dan Samsung.

Tak pelak lagi, semenjak android menjadi salah satu OS paling digemari di seluruh dunia, banyak vendor ponsel yang berlomba-lomba membuat ponsel yang laing canggih dan paling menarik. Ada banyak vendor ponsel asal negeri China, yang diantaranya adalah Lenovo dan Huawei yang berusaha keras untuk mendesak kepopuleran Samsung dan juga Apple. Rupanya usaha tersebut mulai menampakkan hasilnya. Hal ini terlihat dari statistik penjualan perangkat komunikasi  yang mencatat bahwa walaupun Samsung menempati tempat pertama sebagai produsen perangkat dengan jumlah 89 juta unit namun pangsa pasar Samsung menurun menjadi 31,2% dari sebelumnya 32,4%.

ponsel china, harga samsung, apple, hp china, gadget

Hal ini, menurut para ahli adalah akibat persaingan yang semakin keras, keagresifan vendor China, serta kompetisi yang ketat antara Samsung dan Apple. Tapi ternyata tekanan tidak saja dirasakan oleh Samsung, Apple ternyata juga merasakan hal yang sama yaitu adanya tekanan dari berbagai ponsel China yang semakin canggih aja. Selain itu Apple tidak mempunyai produksi untuk para konsumen kelas bawah, sehingga Apple kehilangan potensi pangsa pasar kelas bawah.

Di sisi lain, jelas terlihat bahwa ponsel China desak Apple dan Samsung  dan hal ini terlihat pada kenaikan jumlah ekspor perangkal mobile dari Lenovo dan Huawei yang cukup besar. Pangsa pasar Lenovo juga mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu dari 3.9 % pada tahun lalu dan menjadi 4,7 % pada tahun ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa memang vendor asal China sangat serius dalam menggarap produksi-produksi mereka yang tak kalah kualitas dengan Samsung dan Apple.

Produsen ponsl China sangat diuntungkan dengan harga tenaga kerja dan juga modal material serta teknologi yang murah, sehingga mereka mampu untuk menyuplai kebutuhan ponsel cerdas yang berkualitas sama namun dengan harga yang jauh lebih rendah. Inilah yang rupanya membuat pangsa pasar ponsel China desak Apple dan Samsung.

Produsen-produse ponsel China tersebut tidak saja membidik pengguna papan atas, justru mereka lebih fokus ke pengguna kelas bawah dan menengah yang mana tidak begitu diperhatikan oleh Samsung, apalagi oleh Apple. Tidak ada satupun produk Apple  yang ditujukan untuk konsumen bawah dan menengah, sehingga kelonggaran  ini dimanfaatkan Lenovo dan juga Huawei.

ponsel china, harga samsung, apple, hp china, gadget

BACA JUGA:

Ponsel OPPO R1 Telah Hadir di Indonesia

HP Lokal Quad Core Yang Tidak Perlu Sering Dicharge

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *