OS Sailfish Ingin Hajar Robot Android

By on December 3, 2013
3. OS Sailfish Ingin Hajar Robot Android 1

Sebentar lagi mungkin Anda akan lebih bingung saat hendak membeli sebuah gadget smartphone karena akan ada pemain baru yang hendak menghajar dominasi pasar robot hijau. Ya, sebuah perusahaan bernama Jolla, yang merupakan bentukan mantan pegawai Nokia akan segera meluncurkan OS mereka yang pertama yaitu OS Sailfish yang ditujukan untuk memberikan tekanan pada dominasi android di pasar gadget dunia. Para pendiri Jolla ingin agar Sailfish bisa diinstall pada android yang banyak beredar di pasaran sekarang.

Para pegawai Jolla, yang merupakan orang-orang yang kecewa karena proyek OS MeeGo mereka dibatalkan oleh Nokia, akhirnya dengan sukses meluncurkan ponsel pertama didunia yang mempunyai sistem operasi Sailfish didalamnya. Perusahaan yang didirikan tak jauh dari pabrik utama Nokia ini menginginkan lebih banyak orang untuk menggunakan OS mereka sehingga mereka tidak membatasi hardware yang bisa mempergunakan OS mereka tersebut.

Jolla yang memfokuskan bisnisnya pada usaha perangkat dan OS ini dipimpin oleh CEO Jolla Tomi Pienimaki dan membidik para user android yang menginginkan lebih dari perangkat mereka. OS Sailfish ini didesain untuk bisa diinstall pada hardware android dan memberikan OS terbaru yang selalu dinanti-nanti oleh para pecinta gadget-gadget modern. Salah satu fokus mereka adalah user smartphone di China yang cenderung suka memperbaharui perangkat mereka yang lawas dengan versi yang lebih baik lagi.

 

Untuk hajar robot android, maka Jolla sudah memperhitungkan bahwa harus ada nilai lebih dari OS yang dijualnya. Oleh sebab itu maka Jolla sudah mempersiapkan layanan, iklan, dan berbagai aplikasi lain yang sangat dibutuhkan users Sailfish tersebut. Namun sayang, belum ada rilis resmi tentang kapan OS ini akan diluncurkan dan bagaimana cara menginstall OS ini ke perangkat android. Namun yang jelas, besar kemungkinan Sailfish benar akan menjegal dominasi android.

Memang selama ini android telah menguasai sebagian besar perangkat pintar seperti gadget dan ponsel dan bahkan menginjak-injak dominasi Nokia di Indonesia dan mengalahkan penjualan iPad pada kuartal III tahun ini. Dilaporkan oleh data analisis Morgan Stanely, Android mengumpulkan lebih banyak keuntungan daripada iPad dan ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan diprediksi bisa terulang lagi pada masa mendatang.

Pertumbuhan android sendiri memang sangat mencengangkan yaitu naik 58,5% daripada tahun lalu dan pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh Samsung dan Lenovo sementara pasaran iPad sendiri menurun drastis dari 40,2% menjadi 29,7% pada tahun ini. Hal  ini tidak terlalu mengejutkan para pengamat karena android memang didesain untuk menjadi saingan iOS namun dengan harga yang sangat jauh lebih terjangkau sehingga pasaranya juga meledak. Tunggu saja perkembangan berikutnya apakah benar OS Sailfish bisa mencuri pasar dari tangan android?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *