Misteri Penetrasi Ubuntu Dalam Pasar Ponsel Dunia

By on January 19, 2014
image007

Bagi Anda mungkin Ubuntu masih belum familiar. Ubuntu merupakan sistem operasi komputer yang merupakan produk turunan dari Linux. Saat ini beberapa penyedia software komputer mulai melakukan ekspansi ke pasar ponsel. Raja sistem operasi ponsel dunia, android berafiliasi dengan Google yang sebelumnya adalah situs mesin pencari. Hadirnya android kemudian disaingi oleh Windows yang bekerjasama dengan Nokia. Sistem operasi Linux akhirnya juga memutuskan untuk ikut bersaing dengan meluncurkan Ubuntu. Selama ini Ubuntu masih dikenal sebagai sistem operasi yang digunakan oleh komputer.

Saat ini pengembangan Ubuntu dilakukan oleh Canonical sebagai perusahaannya. Mereka berusaha untuk dapat menggandeng vendor ponsel untuk dapat menggunakan sistem operasinya. Sejauh ini upaya ini belum mendapatkan hasil karena vendor ponsel lebih tertarik dengan android. Namun upaya Canonical tidak berhenti begitu saja. Dengan memanfaatkan proyek crowdfunding alias patungan, Canonical mencoba membangun sebuah ponsel pintar. Keuangan memang menjadi kendala utama bagi Canonical untuk memasarkan Ubuntu. Membangun produk ponsel pintar menjadi solusi awal untuk mengenalkan Ubuntu kepada dunia.

Upaya ini dilakukan agar Ubuntu dapat melakukan penetrasi dalam pasar ponsel dunia. Jika Ubuntu sudah dapat terakomodasi dalam sebuah ponsel, ini akan menjadi sarana promosi yang efektif. Upaya keras Canonical ini juga dilakukan dengan menyempurnakan Ubuntu sehingga bisa diterima oleh pasar. Bukan rahasia lagi jika sistem operasi yang dapat menawarkan fitur menarik akan diminati oleh konsumen. Sebagai langkah awal, Ubuntu akan berusaha menarik minat dari vendor-vendor ponsel dunia.

                              ubuntu, smartphone, komputer, sistem, software

Informasi terbaru menyatakan bahwa ponsel Ubuntu tidak hanya hadir dalam satu vendor ponsel. Hanya saja, vendor-vendor ponsel yang akan menggunakan Ubuntu masih menjadi misteri. Namun, pihak Canonical menjanjikan kejutan saat mengumumkan vendor ponsel mana yang akan mereka gandeng. Dugaan terbesar Ubuntu akan menggandeng Samsung dalam penggunaan pada ponselnya. Jika ini terjadi, maka Ubuntu akan mengalami lonjakan yang luar biasa. Bahkan peluang terjadinya kolaborasi antara Ubuntu dengan android cukup terbuka lebar. Kesempatan yang luar biasa untuk Ubuntu dalam mempromosikan keunggulannya.

Spekulasi tersebut mencuat setelah upaya Canonical dalam mewujudkan ponsel pintar sendiri masih belum membuahkan hasil. Dana yang diperlukan untuk proyek ponsel pintar mandiri ini sekitar 32 juta US Dolar. Cara paling realistis untuk ikut bersaing dalam pasar ponsel adalah dengan bekerjasama dengan vendor ponsel. Permasalahannya adalah selain vendor ponsel lebih tertarik dengan android, juga karena kontrak. Rata-rata vendor ponsel telah mengikat kontrak dengan perusahaan software atau sistem operasi.

Bagaimanapun, hadirnya Ubuntu banyak dinantikan. Anda pasti penasaran dengan apa yang akan ditawarkan oleh sistem operasi ini. Yang jelas, dengan sifatnya yang open source, Ubuntu lebih fleksibel untuk digunakan oleh vendor ponsel. Perkembangan jagat teknologi memang mendorong para perusahaan software untuk berlomba menawarkan keunggulan produknya.

ubuntu, smartphone, komputer, sistem, software

BACA JUGA:

Windows 9 Meluncur April Ini

Menangani Master Boot Record Windows 8 Yang Corrupt

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *