Komputer Mini Mirip Anting Sedang Dikembangkan Di Jepang

By on March 4, 2014
35896_1_japanese_researchers_testing_earclip_type_wearable_pc_prototype

Lupakanlah komputer kelas desktop yang berukuran cukup besar. Sekelompok insinyur dari Jepang sedang mengembangkan komputer mungil yang bisa dipakai seperti anda memakai anting.

Komputer dengan berat 17 gram itu memang dirancang untuk dipakai pada telinga. Pemakaiannya mirip seperti headset wireless berbasis bluetooth tetapi dengan sistem kendali yang akan menggunakan gerakan wajah. Pengguna bisa menggunakan komputer tersebut dengan kedipan mata atau dengan menelan ludah untuk memberi perintah.

Produk bernama Earclip-type Wearable PC itu mempunyai prosesor dan ruang penyimpanan, serta GPS, barometer, speaker, kompas, mikrofon dan juga sensor gyroscope didalamnya. komputer mungil itu juga bisa disandingkan dengan berbagai jenis smartphone.

Kami membuatnya berdasarkan ide sederhana bahwa orang akan memakainya dengan cara yang sama seperti saat mereka memakai anting, kata Kazuhiro Taniguchi yang menjadi pemimpin proyek pembuatan komputer mini tersebut.

Sejauh ini, komputer mungil tersebut masih berupa desain dan masih akan terus dikembangkan kedepannya. Untuk sekarang belum diketahui secara pasti kapan mulai bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Jika melihat hal itu benar maka jelas bahwa perkembangan wearable device atau perangkat yang bisa dipakai di tubuh terlihat semakin pesat. Rupanya tidak hanya perusahaan yang berasal Korea saja yang rajin dalam hal memproduksi perangkat seperti itu. Ternyata Jepang juga mulai memperlihatkan keseriusan mereka untuk merancang perangkat jenis itu.

Gadget mungil hasil dari ilmuan jepang tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sensor infra merah supaya bisa memantau pergerakan di dalam telinga serta mengenali ekspresi wajah dari penggunanya. Secara teori, produk ini juga bisa digunakan sebagai perangkat pelengkap dari smartphone atau MP3 player yang memungkinkan para pengguna untuk menelusuri menu serta melakukan perintah hanya dengan mengedipkan mata atau tersenyum saja. Tentu hal ini akan menjadi sebuah produk yang menarik dan di inginkan banyak orang saat perilisannya nanti.

Earclip-type Wearable PC ini mengingatkan saya pada perangkat komputer pribadi dalam film Her yang dikenakan di telinga oleh karakter bernama Joaquin Phoenix,kata Insinyur Hiroshima City University yang bernama Kazuhiro Taniguchi tersebut. Menurut rencana, PC mini ini akan tersedia di pasaran mulai bulan April tahun 2016 mendatang. Kita tunggu saja kehadirannya, semoga tidak mengalami pemunduruan jadwal rilis.

Wearable device sendiri rupanya telah menjadi pusat perhatian pada ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona minggu lalu yang dibuka dengan produk dari Huawei, Fujitsu Samsung, dan berbagai produk dari brand kenamaan lainnya. Mengenai wearable device yang bisa dipakai di telinga oleh para pengguna, Wintergreen Research pun mengungkapkan pendapatnya dan memprediksi bahwa perangkat jenis ini akan mulai tren pada tahun 2016 mendatang. Jika hal ini benar maka sepertinya smartphone akan sedikit ketinggalan.

 JAPAN-SCIENCE-HEALTH-ELECTRONICS

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *