Kebijakan baru Google, peredaran Android Jelly Bean dihentikan

By on February 12, 2014
Android Jelly Bean

Perusahaan raksasa Google telah dikabarkan akan segera menghentikan peredaran dari OS Android versi 4.1 Jelly Bean. Hal ini akan dilakukan Google dalam waktu yang cukup dekat. Google berharap dengan melakukan hal ini penyebaran dari sistem operasi Android milik Google bisa tersebar lebih merata antara satu versi ke versi lainnya.

Selain alasan yang telah disebutkan di atas, rupanya pihak Google mempenyai alasan lain dari pengunaan strategi ini. Ternyata strategi ini diterapkan oleh pihak Google supaya bisa meningkatkan jumlah pengguna dari Android 4.4 KitKat. Versi Android  yang  telah diluncurkan  pada bulan Oktober lalu di pasaran . versi Android 4.4 KitKat  telah disematkan pada smartphone Android buatan perusahaan OEM.

Berdasarkan lansiran dari situs PhoneArena (11/2), saat ini pihak Google sudah mengumumkan larangan kepada seluruh perusahaan smartphone agar berhenti menggunakan Android versi 4.1 Jelly Bean pada smartphone terbaru mereka yang akan mereka luncurkan di pasaran.

Menurut kabar yang beredar, ternyata kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk Android  4.1 Jelly Bean tetapi  juga dalam beberapa waktu ke depan akan diterapkan pada versi lain dari Android yakni Android 4.2 sampai pada Android 4.3.

Selain kebijakan di atas, menurut kabar pihak Google sendiri juga akan menerapkan sistem kebijakan baru yang lain dimana kebijakan ini memungkinkan Google untuk menutup satu seri dari sistem operasi tertentu setelah operasi terbaru yang mempunyai spesifikasi di atasnya diluncurkan dipasaran. Hal ini akan dilakukan oleh pihak Google setelah kurun waktu sembilan bulan dari peluncuran sistem operasi baru tersebut.

Mengenai kebijakan baru ini, Google rupanya benar-benar serius dalam melakukannya. Hal ini terlihat pada sikap Google yang akan menghukum perusahaan yang tidak menuruti aturan tersebut. Sanksi keras akan dilayangkan pada setiap perusahaan smartphone yang tetap bandel dan masih saja menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean atau sistem oprasi Android di bawahnya ketika meluncurkan  produk smartphone barunya kepasaran.

Sanksi keras yang akan diberikan Google pada perusahaan yang membandel tersebut diantaranya adalah pihak Google tidak akan lagi menyediakan berbagai  layanan Google Mobile Service (GMS) sehingga para pengguna smartphone tersebut tidak akan lagi mampu mengakses GMS. GMS sendiri terdiri dari berbagai produk  Google seperti Google Play Services dan Google Apps.

Kebijakan baru dari Google ini sepertinya akan sangat menguntungkan para pengguna smartphone  yang memakai sistem Android didalamnya, mengingat bahwa setiap smartphone baru akan dilengkapi dengan dengan sistem Android terbaru. Nantinya smartphone yang dibeli para pengguna  akan mengusung OS Android terbaru dari pihak Google serta berbagai fitur menarik yang dapat di aksesnya. Para pengguna tidak akan lagi merasakan OS Android yang sudah usang dan ketinggalan jaman serta tidak perlu lagi menunggu cukup lama agar bisa merasakan update OS versi terbaru.

 Android-4.1-Jelly-Bean-Logo

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *