Jeroan iPad dan iPhone Ternyata Masih Dari Samsung

By on May 13, 2014
2.Apple iPad Mini Akhirnya Resmi Dipasarkan di Indonesia.3

Selama ini kita disuguhi drama persaingan yang bahkan lebih mirip sebagai drama permusuhan antara Samsung dengan Apple. Bahkan sampai sekarang proses sidang saling tuduh klaim dan penjiplakan antara Samsung dan Apple masih terus berlanjut dan secara mengejutkan telah membuka berbagai fakta-fakta unik yang selama ini kita tidak menyangkanya sama sekali.

Salah satu hal yang paling mendapatkan perhatian adalah adanya perjanjian MADA yang mengatakan bahwa para vendor smartphone yang akan menggunakan sistem operasi Android dalam produknya akan dipaksa untuk memasang aplikasi milik Google dengan penempatan yang stategis dalam layar antar muka smartphone yang mereka produksi.

Tapi ternyata di luar persidangan, hubungan Samsung dengan Apple ini sangat membingungkan, dimana sampai sekarang Apple masih mengandalkan Samsung untuk memasok komponen yang akan dipasangan dalam perangkatnya, bahkan tidak terkecuali pada tablet iPad milik Apple. Tidak cuma itu, bahkan pada kuartal I tahun 2014 kemarin saja, ternyata Samsung menjadi pemasok komponen yang paling besar bagi perangkat Apple.

Meskipun keduanya sampai saat ini masih saling berseteru di pengadilan terkait hak paten, tapi sepertinya Apple dan Samsung tidak terganggu dengan kasus yang sedang mereka hadapi, faktanya mereka masih tetap hangat dalam menjalin kerja sama erat dalam hal suplai komponen sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja seperti prosesor dan layar untuk iPhone dan iPad yang masih di suplay oleh Samsung.

Seperti dikutip dari Cnet, DisplaySearch yang merupakan lembaga peneliti pasar mengatakan bahwa  Samsung Display maish tetap menjadi pemasok panel layar nomor satu bagi iPad yang merupakan salah satu produk unggulan Apple. Pada kuartal I tahun 2014 kemarin, pihak Samsung telah mengirim sebanyak 5,2 juta unit panel layar yang berukuran 9,7 inci dengan resolusi sebesar 2.048 x 1.536 pixel. Kabarnya panel layar tersebut akan digunakan untuk komponen iPad Air dan iPad with Retina Display yang kabarnya merupakan fitur istimewa dari Apple.

Menurut laporan situs teknologi BrightWire, ternyata jumlah pengiriman panel dari Samsung untuk Apple tersebut telah berkontribusi sebesar 62 persen dari total jumlah pengiriman Samsung Display. Hal ini secara tidak langsung mengatakan bahwa Samsung pun memberikan barang dagangannya dalam jumlah yang sangat besar untuk Apple.

Tidak cuma saja, ebenarnya LG Display yang juga menjadi pemasok panel layar untuk perangkat Apple, tapi justru jumah pengiriman LG kepada Apple justru menurun. Bahkan jumlah pasokan LG Display dengan ukuran dan resolusi yang sama untuk Apple pada tahun ini hanya 38 persen saja, jelas jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan angka 61 persen pada tahun 2013 kemarin. Fakta ini memang sangat mengejutkan, dimana dua perusahaan besar yang saling menjatuhkan justru malah saling mendukung dalam hal jual-beli komponen.0144180ipad-air780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *