Smartphone Apple Apakah yang Paling Lemah?

By on April 7, 2016
3. Smartphone Apple Apakah Yang Paling Lemah 2

Tahun ini, dapat dikatakan tahun yang memanjakan para pengguna smartphone apple. Mengapa? Alasan utamanya, tahun ini Apple meluncurkan berbagai produk Smartphone terbaru mereka. Salah satunya adalah Apple iPhone SE yang merupakan edisi spesial untuk versi sebelumnya, 6S dan 6S Plus.

Namun, bila dibandingkan dengan dua produk sebelumnya, bagaimana kualitas dari iPhone SE. Laboratorium SquareLabs mencoba mencari tahu mengenai hal ini. Tetapi, yang mereka lakukan, bukanlah membandingkan produk-produk ini berdasarkan spesifikasi atau peforma yang dimiliknya. Mereka melakukan pengujian terhadap daya tahan dan kekuatan dari produk-produk ini.

Terdapat 3 produk yang digunakan dalam pengujian ini, yaitu iPhone SE, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Pengujian pertama yang mereka lakukan adalah dengan melihat daya tahan ketiga produk bila terkena air. Cara yang digunakan adalah dengan merendam ketiga produk ini didalam air secara bergantian.

Hasilnya, daya tahan iPhone SE ternyata jauh lebih rendah daripada dua produk lainnya. Begitu iPhone SE dimasukkan ke dalam air, ponsel pintar ini langsung mati dan tidak dapat digunakan. Sedangkan yang dapat bertahan lebih lama adalah iPhone 6S Plus.

Meskipun begitu, Apple memang tidak mendesain ketiga produk ini dengan fitur anti air. Artinya, Anda harus berhati-hati, bila Anda menggunakan salah satu produk ini, agar tidak terkena air.

Pengujian lainnya adalah dengan menguji daya tahan ketiga smartphone apple terhadap berat. Pengujian ini digunakan untuk mencari tahu kekuatan dari tiga produk ini. Seperti diinformasikan oleh BGR, pada Selasa, 5 April 2016, hasil yang didapat ternyata menempatkan iPhone SE menjadi yang terlemah.

Pengujian dilakukan dengan cara membengkokkan ketiga Smartphone Apple ini dengan diukur kekuatan yang dibutuhkan hingga ketiganya bengkok dan hancur. Untuk iPhone SE, mampu menahan beban hingga 80 kg. Dan, saat beban dinaikkan menjadi 89 kg, ponsel pintar ini langsung hancur.

Untuk iPhone 6S, mampu menahan beban hingga 5 kg lebih berat dari seri SE. Sedangkan iPhone 6S Plus, mampu menahan hingga 10 kg lebih berat dari seri SE.

Dari hasil pengujian ini, dapat dikatakan iPhone SE memang dirancang dengan bahan, material maupun desain bodi yang jauh lebih lemah daripada dua produk lainnya. Meskipun lebih lemah dalam daya tahannya, namun, spesifikasi maupun kinerjanya, setara dengan iPhone 6S.

Daya tahan yang lebih lemah ini mungkin yang menjadikan produk ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Sama seperti seri SE sebelumnya, yang memang khusus dibuat sebagai versi terjangkau dari seri yang dirilis setahun sebelumnya.

Artinya, bila Anda mempunyai budget terbatas, namun menginginkan smartphone apple dengan kemampuan tinggi seperti 6S, iPhone SE dapat menjadi pilihan. Tentunya, ponsel ini dapat dipilih bila Anda tidak terlalu peduli dengan daya tahannya.Smartphone Apple

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *