Smartphone Android Akan Bercitarasa iOS?

By on March 3, 2016
3. Smartphone Android Akan Bercitarasa iOS 1

Bila Anda adalah pengguna smartphone android, Anda pasti sudah akrab dengan App Drawer. Atau, bila menggunakan perangkat ini tetapi, masih tidak mengetahui apa itu App Drawer, maka Anda dapat melihat di halaman muka perangkat Android Anda. Anda akan menemukan kotak atau lingkaran dengan beberapa titik didalamnya. Bila Anda memilih menu ini, Anda akan dibawa ke halaman dimana Anda dapat menemukan semua aplikasi yang Anda pasang pada perangkat Android Anda.

App Drawer dapat diartikan sebagai tempat, dimana Anda menyimpan semua aplikasi Anda. Dan, memang seperti dijelaskan diatas, fungsinya memang demikian adanya.

Namun, muncul kabar terbaru, bila pihak Android akan menghapus fungsi dari App Drawer ini. Bila hal ini dilakukan, maka semua aplikasi yang terpasang pada perangkat Android akan ditampilkan pada halaman utama atau home screen. Penampilan seperti ini sebenarnya sudah digunakan oleh produsen lainnya, yaitu Apple dengan iOS milik mereka.

Perangkat Apple yang ada hingga kini tidak pernah memiliki fungsi atau fitur seperti App Drawer ini. Semua aplikasi ditampilkan pada halaman muka dan dapat ditemukan oleh penggunanya dengan mudah.

Sebenarnya, langkah menghapus App Drawer ini juga sudah dilakukan oleh beberapa produsen smartphone android. Mereka menggunakan UI modifikasi sendiri yang tidak menyertakan fungsi ini. Namun, ini hanya dapat ditemukan di beberapa produsen smartphone android saja. Yang akan dilakukan oleh Google selaku pengembang Android ini tampaknya akan mempengaruhi semua produk Android yang ada.

Menurut kabar dari Phone Arena yang dirilis pada Selasa, 1 Maret 2016 yang lalu, bila Google benar-benar melakukan langkah ini, maka pada Android selanjutnya, App Drawer tidak akan ditemukan. Android N akan hadir tanpa App Drawer. Namun, menurut kabar terbaru, sepertinya Google akan memberikan pilihan pada penggunanya untuk Android N. Mereka dapat memilih untuk menyertakan App Drawer pada Android N atau tidak.

Informasi mengenai penghapusan App Drawer ini muncul dari demo video pada Google Maps baru. Pada video tersebut, ponsel yang digunakan menggunakan OS Android. Yang membuatnya berbeda adalah tidak adanya ikon khas App Drawer yang biasanya terletak di bagian tengah bawah layar. Ponsel tersebut hanya memperlihatkan daftar dari aplikasi-aplikasi, seperti pada iOS.

Namun, kepastian mengenai hal ini akan muncul pada tanggal 18 Mei mendatang, saat Google mengadakan acara untuk para pengembang aplikasi I/O. Pada acara tersebut, diperkirakan, Google juga akan mengumumkan mengenai versi terbaru dari OS Android yang mereka kembangkan.

Perubahan ini mungkin hanya sedikit dari banyak perubahan dan hal baru yang akan ditawarkan oleh Google. Dan yang pasti, akan ada fitur atau fungsi baru yang lebih nyaman digunakan daripada App Drawer pada produk-produk smartphone android mendatang.

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *