Samsung Siap Luncurkan Dual OS Untuk Smartphone dan Laptop Buatannya

By on May 28, 2015
3. Samsung Siap Luncurkan Dual OS Untuk Smartphone dan Laptop Buatanya 2

Semakin hari gadget yang dibuat oleh berbagai produsen smartphone semakin canggih dan beragam. Gadget sepert smartphone, tablet dan notebook adalah yang paling banyak dipergunakan sehari-hari baik untuk pekerjaan, tugas kampus, hiburan, dan banyak hal lain. Namun sayang, satu perangkat hanya bisa menjalankan satu sistem operasi saja sementara kebutuhan aplikasi perkantoran, tugas dan hiburan membutuhkan berbagai macam sistem operasi.

Saat ini OS yang paling banyak dipergunakan adalah Android untuk gadget smartphone dan tablet serta OS Windows untuk komputer dan laptop. Perkembangan saat ini juga telah memungkinkan laptop dengan OS Android dan smartphone dengan OS Windows, namun tetap saja satu perangkat hanya bisa menjalankan satu OS. Melihat hal tersebut, Samsung sebagai salah satu produsen gadget terbesar dunia berpikir untuk membuat perangkat yang mampu menjalankan dual OS. Di satu sisi sangat menyenangkan bermain dengan Android dan disisi lain kebutuhkan aplikasi serius juga sangat penting.

Samsung saat ini sedang mengembangkan sebuah perangkat yang bisa mengakomodasi dual OS dalam satu perangkat, tujuanya adalah jelas, bahwa user akan mendapatkan pengalaman  yang menyenangkan dengan Android dan Windows dalam satu perangkat. Produk yang sedang dikembangkan Samsung saat ini sudah masuk ke badan paten USPTO. Dari bocoran yang diupdate di dunia maya, terlihat bahwa Samsung membuat satu perangkat dengan dua buah bagian komponen yang berbeda.

Komponen tersebut adalah sebuah bentuk phablet seperti yang banyak beredar akhir-akhir ini yang diprediksi akan diberikan OS Android.Phablet ini digunakan untuk menyediakan segala macam bentuk kebutuhkan komunikasi dan hiburan yang populer saat ini. Phablet ini berfungsi seperti biasa, seperti tablet Android yang banyak beredar. Di sisi lain ada komponen kedua yaitu sebuah phablet dock.

Desain phablet dock yang masuk ke kantor patent tersebut terlihat mempunyai sebuah papan ketik atau keyboard serta sebuah layar. Sekilas bentuk phablet dock ini tak berbeda seperti notebook. Dalam penjelasan desain patent disebutkan bahwa perangkat dengan dual OS ini akan menjalankan OS Android ketika ia berfungsi sebagai phablet, namun ketika phablet tersebut disambungkan dengan dock yang tersedia maka secara otomatis OS yang dijalankan akan berubah menjadi Windows dan berfungsi seperti laptop biasa.

Jika perangkat ini benar-benar diproduksi oleh Samsung, maka hal tersebut akan merupakan sebuah revolusi karena selama ini yang bisa dual OS hanyalah desktop atau laptop saja dan itupun harus perangkat dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Samsung rupanya sedang berusaha untuk memperluas pasar gadgetnya untuk para profesional yang membutuhkan perangkat tangguh namun bisa dipakai dengan mobnilitas tinggi. Perangkat dengan dual OS ini akan menjadi satu-satunya solusi dan alternatif bagi mereka yang menginginkan laptop dengan kinerja tinggi namun tak meninggalkan sisi hiburan dan komunikasi.

Dual OS

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *