Perjuangan Menggores Apple iPhone 6

By on July 25, 2014
1. Perjuangan Menggores Apple iPhone 6 1

Kabar akan beredarnya Apple iPhone 6 sekitar bulan september mendatang telah menimbulkan gejolak tersendiri pada masyarakat pecinta gadget produksi Apple ini. Ada banyak orang yang berharap bahwa iPhone 6 diedarkan lebih cepat dari yang seharusnya karena mereka sudah tidak tahan ingin mengetahui fitur-fitur dan pengembangan yang dilakukan oleh Apple untuk gadget barunya ini, apalagi baru kali ini Apple mengeluarkan iPhone dengan dua versi ukuran dan dengan layar yang tidak seperti biasannya.

Salah satu fitur yang nantinya dibanggakan pada iPhone 6 adalah penggunaan layar dengan lapisan safir yang jauh lebih keras daripada Gorilla Glass 3. Bahkan dikatakan jika ingin menggoren layar iPhone 6 terbaru Anda harus berjuang lebih keras. Hal ini pernah dilakukan oleh pengguna YouTube Marques Brownlee yang pernah berjuang untuk menggores layar safir iPhone 6 dengan berbagai alat seperti pisau dan kunci rumah.

Pada percobaan pertama yang mempergunakan peralatan rumah tangga tersebut, layar safir iPhone 6 tidak tergores sedikitpun. Kini akun yang sama kembali mengeluarkan video penyiksaan layar safir Apple namun kali ini tidak mempergunakan peralatan rumah tangga yang extreme namun hanya mempergunakan kertas amplas. Namun jangan salah, kertas amplas yang dipergunakan ini mempunyai kekerasan material yang jauh lebih tinggi dari besi pisau.

Kertas amplas yang dipergunakan untuk menggores layar Apple iPhone 6 ini adalah kertas amplas dengan kuaitas terbaik yaitu kertas amplas merek Garnet yang memiliki rating skala kekerasan material Mohs 7.0 dan Emery dengan rating kekerasan 8.0. sebagai catatan, intan adalah benda terkeras di muka bumi memiliki rating 10. Dengan mempergunakan amplas kuaitas tinggi ini maka perjuangan menggores iPhone 6 yang dilakukan oleh Brownlee dimulai.

Sebagai pembanding, Brownlee mempergunakan layar iPhone 5 yang dilapisi Gorilla Glass dengan rating 6.8. perlu Anda ketahui bahwa layar iPhone 6, pelapis scan sidik jari, dan kamera belakang dilapisi safir dengan rating kekerasan 9.0. dengan kata lain jika lapisan tersebut digores dengan kertas amplas berating 7.0 dan 8.0 seharusnya tidak akan tergores, namun kenyataanya tidak begitu.

Apple iPhone 6 ternyata bisa tergores pada saat digores oleh kedua jenis amplas tersebut  yang artinya adalah layar safir yang dipergunakan pada iPhone 6 tidak 100% terbuat dari kristal safir. Jika terbuat seluruhnya dari safir maka tidak akan tergores sedikitpun. Hal ini menjadi masuk akal ketika bicara hitung-hitungan harga karena jika terbuat dari 100% kristal safir maka harganya akan sanga luar biasa mahal dan juga jika terbuat dari 100% kristal murni maka tidak akan bisa sedikit bengkok, padahal layar ponsel perlu bisa sedikit membengkok, begitulah kesimpulan Brownlee pada akhir video yang diunggahnya.

 apple, iphone, ios, smartphone, gadget

BACA JUGA:

Apple iPhone Akan Diproduksi dengan Layar Besar di Bulan Juli Ini

Layar iPhone 6 Terbukti Sangat Kuat

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *