OS X 10 Yosemite Dipamerkan Apple

By on June 4, 2014
2. OS X 10 Yosemite Dipamerkan Apple  1

Selain memamerkan iOS 8 untuk perangkat mobilenya, Apple pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014 juga memperkenalkan OS X terbaru besutan Apple yang diberi nama Yosemite. OS X Yosemite ini digadang-gadang mempunyai banyak fitur-fitur baru yang sangat berguna bagi para user yang menginginkan satu sistem operasi yang terintegrasi dan lengkap. Apple dalam kesempatan tersebut menjelaskan beberapa kelebihan OS X 10 Yosemite ini kepada pengunjung.

Yang ditojolkan dari OS X Yosemite besutan Apple terbaru ini antara lain adalah tampilan yang baru dan fresh yang mencontoh gaya tampilan iOS. Dengan mengambil contoh gaya tampilan iOS maka OS X Yosemite sekarang berkesan Flat Design dengan lebih banyak panel translucent yang mendominasi. Selain itu ada beberapa gradien dan tekstur yang hilang serta desain skeumorphism yang juga tidak tampak pada OS X Yosemite terbaru ini. Tampilan baru ini lebih sederhana namun lebih fresh dan mudah untuk dipergunakan.

Hal kedua yang ditonjolkan adalah fitur widget dan notifikasi. Jika Anda perhatikan maka pada sidebar Notification Center yang telah ada sejak OS X Mountain Lion juga sedikit berubah. Perubahan yang terjadi cenderung menyerupai fitur notifikasi pada iOS. Hal ini dibuktikan dengan tampilan “Today” yang menunjukkal agenda dari kalender, ramalan cuaca, dan reminder. Yang lebih menarik, Apple mempersilahkan area ini untuk dimanfaatkan bagi penggunaan widget pihak ketiga.

Spotlight adalah hal ketiga yang ditonjolkan dalam OS X 10 Yosemite. Fitur ini adalah fitur pencarian yang kini diperluas cakupannya sehingga tidak saja menjadi di sistem perangkat itu sendiri namun juga pencarian di internet dan app store. Keempat, browse Safari pada OS X Yosemite juga mengalami perubaha. Perubahan yang terjadi tidak saja pada tampilan namun juga pada fungsi. Kini safari mampu menampilkan saran dan bahkan history browsing serta disediakan fitr Tab View untuk melihat tab yang sedang dibuka.

Fitur email adalah fitur kelima yang ditonjolkan dalam OS X Yosemite ini, Apple mengklaim bahwa fitur mail sekarang berjalan lebih baik dan memiliki fitur markup yang memungkinkan user mencoret-coret attachment dengan berbagai teks, gambar, dan tulisan serta tanda tangan digital. Apple juga menyediakan fungsi MailDrop pada fitur Mail terbarunya di OS X Yosemite ini untuk mengirimkan file berukuran besar lewat iCloud.

iCloud Drive juga merupakan fitur andalan di OS X 10 Yosemite terbaru dari Apple ini. Fitur iCloud dikembangkan sedemikian rupa untuk berfungsi semudah folder pada hard drive komputer Anda namun letaknya ada di cloud file dan hebatnya lagi, iCloud ini didesain agar bisa diakses dari Mac, iOS dan Windows demi mempermudah pengiriman dan penggunaan data dari banyak tempat yang berbeda dengan mesin yang berbeda juga.

os x 10, os yosemite, apple, os apple, iphone

BACA JUGA:

Apple Membeli Beats Seharga $3,2 Milyar

Menjajal iOS 8 Beta di Gadget Anda

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *