Officer For iPad Menjadi Aplikasi Terlaris Minggu Ini

By on April 1, 2014
office-ipad

Setelah kemarin resmi diluncurkan di platform iOS pada Kamis 27 Maret 2014 kemarin, kini aplikasi Office untuk iPad ini mendapat sambutan positif dari para fans Apple, khususnya pengguna iPad. Hal ini terbukti dengan bertenggernya Office for iPad di deretan atas tabel aplikasi gratis terlaris untuk iOS.

Sampai saat ini, setidaknya Office for iPad yang menjadi bagian dari Microsoft Office 365 productivity suite tersebut telah menjadi aplikasi gratis yang paling sering diunduh dan digunakan oleh para pengguna iPad. Microsoft Word memang menjadi aplikasi office yang paling laris di download, sementara untuk Excel for iPad, Powerpoint dan OneNote mengikuti setahap di belakangnya.

Seperti dikutip dari laman Recode, dengan hebatnya sambutan offices fot iPad ini, hal tersebut menjadi pertanda bagus bagi pihak Microsoft sendiri, karena kerja keras mereka selama bertahun-tahun untuk menyiapkan Office di platform iOS ini disambut baik oleh pengguna iPad di Dunia. Terlebih, Microsoft Office untuk iPad ini bisa menyingkirkan aplikasi sejenis lainnya seperti Evernote, Quip dan aplikasi office milik Apple sendiri, yakni iWorks yang selama ini menjadi andalan para pengguna iPad dalam membuat catatan.

Selain menyediakan aplikasi gratis, Word dan Excel dalam Office untuk iPad ini ternyata masuk juga dalam aplikasi berbayar populer atau top grossing apps sampai saat ini. Hal ini berarti banyak orang yang rela membayar untuk mendapatkan fitur lebih dalam Office for iPad ini.

Office for iPad sendiri menggunakan metode freemium. Para pelanggan yang mengupgrade aplikasi Microsoft tersebut nanitnya akan mendapatkan fitur-fitur lebih banyak lagi jika dibandingkan dengan fitur free, seperti kemampuan untuk mengedit dokumen dan lainnya. Sementara ini, untuk versi gratis dari offices for iPad ini hanya bisa digunakan untuk membuka dan membaca dokumen saja.

Dengan keputusan untuk melepaskan Office untuk iOS ini menandai perubahan besar dalam strategi mobile Microsoft itu sendiri. Seperti kita ketahui, sebelum ini, software  Offices ini selalu digunakan sebagai umpan untuk menarik konsumen ke platform mobile milik Microsoft sendiri, seperti smartphone Windows Phone dan tablet Surface RT karena hanya akan tersedia di perangkat berbasis Windows saja.

Tetapi sayangnya strategi tersebut dinilai gagal, karena para pengguna lebih senang mencari aplikasi pengganti office yang bisa mereka dapatkan dengan gratis atau bahkan ada juga yang berbayar. Selain itu, dengan adanya Offices for iPad ini, ternyata menjadi babak baru persaingan antara satu sistem operasi lainnya, dimana kedepannya diharapkan para pengguna tidak hanya dimanjakan dengan spesifikasi dan aplikasi saja, tetapi juga dimanjakan dari segi pelayanan dan services centre.

Office for iPad mock image

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *