Office 365, Microsoft Office untuk Pengguna iOS

By on June 29, 2013
Office 365, Microsoft-Office-untuk-Pengguna-iOS-3

Apple dan Microsoft  telah menjadi rival abadi. Bahkan persaingan ini sudah ada sejak mendiang Steve Jobs masih memimpin Apple. Namun hal tersebut tidak membuat kerjasama antar keduanya tidak mungkin dapat terjalin. Salah satu kerjasama yang dijalin oleh Apple dengan Microsoft bahkan bisa dilihat baru-baru ini. Mulai beberapa waktu yang lalu, Microsoft resmi meluncurkan salah satu aplikasi Andalannya yakni Microsoft Office ke platform iOS. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone saja. Sedangkan untuk perangkat iPad, tampaknya masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai peluncuran Microsoft Office untuk iPad.

Office 365, Microsoft-Office-untuk-Pengguna-iOS-3

Aplikasi Office di Perangkat iOS

Berita mengenai kehadiran Microsoft Office untuk iOS memang sudah bergulir sejak lama. Namun setelah beberapa saat akhirnya informasi resmi mengenai peluncuran aplikasi ini sudah dikonfirmasi oleh kedua belah pihak. Untuk versi iOS, Microsoft memberi nama layanan officenya dengan sebutan Office 365. Namun berbeda dengan aplikasi Microsoft sebelumnya, Office 365 ini tersedia sebagai layanan, tidak lagi sebagai aplikasi. Karena itu pengguna dapat menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Aplikasi ini sebenarnya dapat diunduh secara gratis. Namun menurut review Microsoft office di iOS, untuk bisa menggunakan aplikasi ini pengguna harus membayar USD 99,99 per tahun.

Sama seperti aplikasi office pihak ketiga lainnya, Office 365 ini hadir sebagai layanan berbasis cloud computing. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengedit file office seperti word, excel dan powerpoint. Karena aplikasi ini tersedia dalam bentuk web based application, pengguna dapat mengakses aplikasi ini dimanapun dan kapanpun mereka mau. Selama ada koneksi internet, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk saat ini Office 365 hanya tersedia untuk perangkat iPhone saja. Sedangkan untuk versi iPad belum ada kepastian mengenai kapan layanan ini akan tersedia untuk perangkat tersebut.

Mengedit File Office kini Semakin Mudah

Seperti yang diketahui, saat ini Windows memang masih mendominasi sistem operasi desktop. Karena itulah aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Aplikasi Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi yang kerap digunakan. Namun sayangnya aplikasi ini seakan memiliki standar yang berbeda. Hal ini dapat dilihat saat pengguna menggunakan aplikasi office lain untuk membuat dokumen. Saat file dokumen tersebut dibuka melalui aplikasi Microsoft Office, tampilan yang ada justru tampak berantakan.


Office-365, Microsoft-Office-untuk-Pengguna-iOS-2Office-365, Microsoft-Office-untuk-Pengguna-iOS

Untuk saat ini Office 365 memang masih belum tersedia untuk pengguna iPhone tanah air. Saat dicek melalui akun iTunes asal Indonesia aplikasi ini juga masih belum tersedia. Tampaknya pengguna asal Indonesia memang masih harus menunggu beberapa saat lagi. Meski demikian, tampaknya aplikasi ini akan banyak digunakan oleh para professional, terlebih mengingat dukungannya dengan aplikasi office versi desktop.

 

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *