Mengintip Sejauh Mana Kepintaran Keyboard iOS 8

By on June 5, 2014
2.Mengintip Sejauh Mana Kepintaran Keyboard iOS 8.1

Pada sistem operasi besutan Apple yaitu iOS 8, pihak Apple telah menambahkan sejumlah fitur baru untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Salah satu fitur terbaru yang disematkan dalam sistem operasi terbaru Apple ini adalah keberadaan fitur predictive typing pada keyboard iOS 8.

Sekilas fitur baru ini hampir sama dengan SwiftKey yaitu keyboard pada sistem operasi Android yang dapat memprediksi kata – kata yang ingin diketik oleh user. Fitur ini memprediksikan kata berdasarkan kata dan kalimat yang sudah pernah diketik sebelumnya oleh user. Walaupun hampir sama, tentu Apple memberikan sentuhan yang berbeda.

Agar fitur ini berbeda dengan milik Android, QuickType pad sistem operasi iOS 8 ditingkatkan kecerdasannya oleh pihak Apple. Jadi selain mampu memprediksi kata berdasarkan kalimat – kalimat yang sudah pernah diketik sebelumnya, fitur ini juga dapat merekam gaya bahasa penulisan penggunaan berdasarkan kontak yang dituju.

Misalnya gaya bahasa tulis user biasanya lebih kasual pada saat ia menggunakan aplikasi iMessage daripada Mail. Atau ketika mengirim email atau pesan pada teman atau atasan. Keduanya tentu memiliki gaya bahasa yang berbeda di mana saat Anda mengirim pesan kepada teman dengan gaya bahasa non formal dan gaya bahasa formal saat mengirim pesan kepada atasan.

Fitur QuickType pada iOS ini mampu mempelajari semuanya itu sekaligus melindungi privasi penggunanya. Hal inilah yang ditekankan oleh Apple SVP of Software Engineering, Craig Federighi dalam ajang WWDC 2014 seperti yang dilansir dari The Verge.

Walaupun demikian, fitur baru Quick Type pada keyboard iOS 8 ini tidak mempunyai fitur swipe to type seperti pada keyboard yang digunakan oleh Windows Phone dan Android. Fitur tersebut digunakan untuk mengetik hanya dengan menggeser jari ke huruf yang diinginkan tanpa harus melepaskannya dari keyboard.

Tetapi, sistem operasi iOS 8 disebutkan akan mampu mendukung aplikasi keybord yang dibuat oleh ketiga. Jadi mungkin saja iOS 8 juga menambahkan fitur swipe to type ini di dalam fitur QuickType.

Aplikasi keyboard SwiftKey sendiri sebenarnya juga telah diluncurkan untuk sistem operasi iOS pada bulan Januari 2014 lalu. Sementara itu, Apple juga telah disebutkan mengerjakan fitur QuickType ini sejak beberapa tahun. Paling tidak, semenjak Apple merilis iOS 5 pada tahun 2011 silam.

Kehadiran fitur QuickType ini tentu menjadi angin segar bagi sistem operasi terbaru Apple sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi para pengguna perangkat Apple dengan sistem operasi iOS 8, khususnya meningkatkan kemudahan bagi para pengguna dalam mengetik baik mengetik pesan maupun email. Selain fitur baru pada keyboard iOS 8 tersebut, Apple  juga telah melengkapi sistem operasi terbarunya ini dengan sejumlah fitur baru lainnya yang jauh lebih menarik daripada yang ditawarkan pada sistem operasi sebelumnya yaitu sistem operasi iOS 7.

 Sumber:http://tekno.kompas.com/read/2014/06/03/1213007/Sepintar.Apa.Keyboard.iOS.8.

keyboard ios 8, ios 8, iphone, keyboard iphone, apple

BACA JUGA:

Akhirnya Pertempuran Google dan Apple Berakhir

Menjajal iOS 8 Beta di Gadget Anda

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *