Menaklukan iOS 7 Mudah Tapi ada “Tapinya”

By on December 27, 2013
3. Menaklukan iOS 7 Mudah Tapi ada _Tapinya_ 1

Mungkin bagi Anda yang merupakan penggemar berat Gadget besutan Apple, ditangan Anda pasti ada iPhone dan iPad. Memang kedua gadget ini yang paling merajai pasaran gadget dunia. Dominasi Apple di pasaran gadget kelas papan atas memang sulit dikalahkan walau dalam dua tahun terakhir ini Apple mendapat saingan berat dari Samsung. Apple baru saja me-launching beberapa gadgetnya seperti iPad dan iPhone 5 yang semuanya telah memakai iOS terbaru yaitu iOS 7.

Seperti nasib iOS sebelumnya, baru beberapa saat diluncurkan, iOS 7 ternyata telah berhasil dibongkar (jailbreak) oleh sekelompok komunitas hacker yang kemudian merilis  Tool Jailbreak yang diberi nama evasi0n7. Tool jailbreak ini berfungsi untuk nenaklukan iOS7 dimana Anda tidak akan bisa mempergunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak mendapat ijin dari Apple. Dengan men-jailbreak iPhone atau iPad Anda maka segala aplikasi dari pihak ketiga atau dari sumber selain Apple store bisa dipergunakan dengan baik dan bahkan saat menginstall tidak diperlukan ijin dari Apple.

Untuk menaklukan iOS 7 yang harus Anda lakukan adalah menginstal software evasi0n7 ke komputer Anda. Kemudian Anda juga harus menghubungkan iPhone atau iPad yang akan di-jailbreak. Jalankan software jailbreak yang telah Anda install dan ikuti petunjuk yang ada. Proses membobol iOS 7 ini akan memakan waktu paling tidak 5 menit dan setelah itu Anda akan bebas menginstal aplikasi apapun juga dari pihak ketiga.

 ios 7

Namun begitu, walau menaklukan iOS 7 begitu mudah namun para pembuat program jailbreak ini berpesan bahwa tool jailbreak mereka bermasalah dengan Cydia. Evasi0n7 sedikit tidak kompatibel dengan Cydia, sebuah toko aplikasi populer yang menyediakan program-program untuk gadget yang telah di-jailbreak sebelumnya. Pembuat jailbreak berpesan bahwa Anda harus mem-backup terlebih dahulu gadget Anda sebelum download dari Cydia karena sistem bisa hang disaat booting.

Disisi lain, para hacker pengembang jailbreak ini menuai protes karena dalam paket jailbreak tersebut para hacker memaketkan Taig, sebuah toko aplikasi China. Toko ini terkenal karena menyediakan banyak sekali aplikasi untuk iOS secara gratis. Namun sayang aplikasi-aplikasi tersebut adalah bajakan padahal evad3rs, para pembuat jailbreak telah mengklaim dirinya sebagai komunitas anti pembajakan.

Menanggapi protes tersebut maka jailbreak tidak lagi memaketkan toko ilegal tersebut dan Evad3rs meminta maaf. Namun yang perlu Anda ketahui saat menaklukan iOS 7 adalah kegiatan tersebut tidak ilegal namun akan menghilangkan garansi Anda dan juga pengamanan berlapis iOS original Apple. Oleh sebab itu jika Anda hendak men-jailbreak perangkat iPhone dan iPad Anda maka Anda perlu berpikir beberapa kali sebelum melakukannya karena tanpa keamanan info penting Anda dari iPhone dan iPad bisa dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

 ios 7

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *