Mempercepat Booting Mac OS X? Simak Tipsnya

By on January 4, 2014
5. Mempercepat Booting Mac OS X Simak Tipsnya

Setiap orang termasuk juga Anda tentunya kesal jika pada saat menyalakan komputer ini diharuskan untuk menunggu beberapa menit terlebih dahulu, terlebih lagi jika memang komputer atau laptop Anda tidak enak pada saat digunakan, apakah Anda termasuk pengguna sistem operasi Mac?  Berikut ini merupakan tips dalam mematikan autostart dari Mac OS X dalam mempercepat prosesi booting Mac OS X.

Menginstal banyak aplikasi di Mac OS X ini mungkin saja bisa memperlambat dari kinerja Mac OS pada saat sedang digunakan ataupun bisa memperlambat kemampuan booting Mac OS ini pada saat Anda nyalakan. Untuk Anda para pengguna dari OS Windows mungkin memang sudah banyak yang tahu bagaimanakah cara untuk mematikan aplikasi apa sajakah yang memang berjalan pada saat PC atau laptop dihidupkan, tetapi bagi Anda para pengguna Mac OS apakah juga sudah mengetahui bagaimana caranya untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada saat booting Mac OS X supaya bisa lebih cepat booting dari biasanya? Memang pada dasarnya pengaturannya ini adalah sama seperti halnya pada sistem OS Windows yaitu dengan cara mengkonfigurasikan MS-Config jika dalam sistem OS Windows.

Autoruns merupakan sebuah utilitas yang ada di dalam sebuah sistem operasi yang berguna untuk menjalankan aplikasi pada saat PC atau laptop dinyalakan. Di berbagai sistem operasi ini, ada berbagai jenis aplikasi dan juga akses autorun yang pertama kalinya haruslah dijalankan pada saat perangkat mulai dihidupkan atau seperti autorun pada saat startup dan booting.

booting mac, mac os, os X, komputer, apple

Di Mac OS fitur seperti ini lebih dikenal dengan sebutan Login Items, Login Items yang ada pada Mac ini merupakan sebuah fitur yang tersedia dalam sistem Mac OS dan nantinya akan terbuka otomatis pada saat Anda melakukan log-in pada user account Mac. Tanpa kita sadari bahwa seringkali melakukan berbagai macam proses instalasi dari aplikasi-aplikasi tertentu yang setiap bulannya menumpuk menjadi semakin banyak. Pada saat Anda melakukan log-in dengan banyak aplikasi dan juga file yang Anda upload pada satu waktu, plus Logis Items akan menjadikan berat pada komputer kita. Maka pada setiapkali kita log-in akan selalu melihat bola pelangi yang terus berputar cukup lama.

Tips proses booting Mac OS X yang pertama adalah bukalah menu System Preferences di Mac OS X, kemudian ketikkanlah preferences di kolom pencarian supaya nantinya bisa mengakses System Preferences di Mac OS. Kedua adalah setelah berhasil maka klik User and Groups yang terlihat padabawah tab System. Kemudian ketiga adalah nantinya Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan Apple ID, kemudian diminta untuk mengaktifkan fitur parental controls, kemudian merubah pengaturan User Settings dan berbagai macam hal lainnya. Keempat klik pada tab Login Items dan terlihatlah berbagai macam aplikasi yang berjalan pada saat booting Mac OS ini. Selanjutnya Anda hanya memilih mana aplikasi yang seharusnya mati dan hidup dengan cara menekan tombol [-].

booting mac, mac os, os X, komputer, apple

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *