Laju-Lajulah OS X

By on October 12, 2013
5.Laju-Lajulah OS X1

Apple boleh menyombongkan diri dengan produk eksklusif yang mereka tawarkan karena memang produk tersebut menawarkan berbagai macam kelebihan yang mungkin tidak akan didapat dari produk lain. Lihat saja produk hardware and software Apple yang bisa bekerja dengan cepat dan juga efisien karena produk tersebut dirancang serta dibuat oleh satu perusahaan yang sama. Kelebihan lain juga akan didapat jika Anda menginstal sistem operasi Apple yang paling mutakhir, OS X. Anda tidak perlu mengalami kesulitan untuk mencari driver untuk Mac Anda.

Kelebihan lain datang dari sistem keamanan yang ditawarkan oleh sistem operasi ini. Anda bisa bernapas lega karena tidak banyak virus yang dibuat dan berhasil menembus sistem keamanan sistem operasi ini meskipun beberapa malware berhasil menyusup ke dalam sistem operasi ini. Penyusupan malware ini tidak akan sampai mengacaukan sistem operasi karena hanya akan mencuri data pribadi atau data penting yang disimpan dalam Mac.

Sistem operasi OS X bawaan yang ditawarkan oleh Apple mungkin memang sudah mampu bekerja dengan cepat dan efisien, tetapi hal ini tidka berarti bahwa performa sistem operasi tersebut hanya mentok sampai di situ saja. Anda juga masih bisa mengotak-atiknya sehingga sistem operasi ini bisa berjalan jauh lebih laju. Anda bisa melakukan sedikit sentuhan pada hardware, software, dan memberi pantauan terhadap Mac setiap saat.

5.Laju-Lajulah OS X2

Agar sistem operasi ini lebih laju, dari sisi hardware Anda harus mengupgrade memori hingga maksimal. Dengan kata lain, semakin besar memori, semakin cepat pula laju Mac Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengupgrade harddisk sehingga Mac Anda bisa berjalan bebas hambatan dengan adanya cukup ruang kosong dalam partisi sistem operasi ini.

Sedikit perubahan dari sisi software juga akan membawa pengaruh yang sagat besar untuk mempercepat laju sistem operasi OS X dan membuatnya semakin efisien. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan prosedur Repair Disk Permission untuk mengecek kondisi dan status file serta kesesuaiannya dengan versi aslinya. Anda juga bisa mereset Non-Volatile RAM atau NV-RAM yang merupakan tempat penyimpanan sebagian setting yang sering digunakan dan aplikasi sehingga aplikasi yang Anda jalankan ada dalam kondisi biasa.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kecepatan lebih dari sistem operasi ini dengan menyediakan cukup ruang kosong dalam partisi atau harddisk. Sistem operasi Anda juga akan berjalan jauh lebih mulus jika Anda menjaga desktop dalam keadaan bersih tanpa menyimpan file apa pun sehingga proses booting menjadi lebih cepat. Bahasa yang tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dan Anda sebaiknya tidak menghidupkan animasi jika Anda ingin mendapatkan performa Mac yang lebih cepat dan efisien. Startup Item juga perlu diatur agar tidak ada aplikasi tidak penting yang ikut berjalan bersama proses booting.

Mac juga harus dipantau dalam kondisi prima dengan menjalankan aplikasi Activity Monitor, iStat Menus, Daisy Disk, dan Memory Clean.os x

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *