Kamera DSLR di iPhone

By on April 17, 2015
3. Kamera DSLR di iPhone 1

iPhone saat ini sedang sibuk untuk persiapan peluncuran Apple Watch mereka yang akan dilakukan tanggal 24 April mendatang. Peluncuran yang bersejarah tersebut memang sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar produk Apple di seluruh dunia. Namun di tengah kesibukannya, para pekerja di Apple juga sedang sibuk untuk mengoprek kamera yang tersemat di Apple iPhone terbaru mereka. Kamera iPhone ini ditingkatkan dan akan disematkan pada iPhone generasi berikutnya.

Kesibukan para pekerja di Apple ini semakin serius dan memasuki babak pengembangan terbaru dengan membeli sebuah perusahaan teknologi asal Israel, LinX. Perusahaan ini bergerak dalam bidang teknologi fotografi, khususnya kamera. Dengan mengakusisi perusahaan tersebut Apple berharap mereka  bisa mendapatkan teknologi yang selama ini telah ditemukan oleh LinX dan meramunya kedalan kamera generasi terbaru iPhone.

Apple membeli perusahaan asal Israel tersebut dengan harga yang lumayan besar, yaitu $20 juta atau sekitar 260 miliar rupiah. Pembelian ini merupakan salah satu strategi Apple untuk memperkuat dominasi iPhone di pasar smartphone dunia karena diakui atau tidak, bisnis iPhone Apple adalah separuh dari usaha Apple secara keseluruhan, sementara sisanya adalah iPad, iPod, dan App Store. Jadi dengan memperkuat pasaran iPhone dengan menyematkan teknologi kamera terbaru, maka bisnis Apple akan semakin maju.

Dikabarkan jika pengembangan kamera terbaru iPhone tersebut berhasil maka iPhone akan mempunyai kamera yang setara dengan kamera DSLR atau kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera DSLR memang kamera bagi photografer profesional karena mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik berkat optik yang berkualitas. Namun iPhone akan mempunyai kemampuan tersebutdengan memanfaatkan teknologi komputasi digital.

Apple berencana membuat kamera dengan System on Chip yang bisa meningkatkan kualitas gambar yang diharapkan akan jauh mengungguli DSLR. Yang artinya adalah iPhone tak akan mempergunakan lensa-lensa seperti pada kamera DSLR namun fungsi lensa tersebut akan digantikan dengan sebuah chip, layaknya sebuah prosesor grafis yang tersemat dalam sebuah komputer. Dengan demikian maka iPhone akan bisa tetap dipertahankan sebagai perangkat yang tipis namun dengan kamera berkualitas monster.

Apple sangat berharap pada teknologi yang didapat dari Linx. Perusahaan ini telah berhasil memproduksi sebuah modul kamera Multi-Aperture yang mampu menciptakan kualitas gambar yang sangat tajam, detil dan jernih. Modul ini sebenarnya telah ditemukan sejak Juni tahun lalu namun kurang mendapat perhatian karena hanya ditemukan oleh perusahaan kecil.

Inti modul temuan LinX adalah menggantikan sensor kamera berukuran besar pada kamera DSLR dengan multi kamera kecil yang disatukan pasa satu sistem terpadu. Dengan cara ini maka LinX berhasil menciptakan kamera dengan sensitivitas terhadap cahaya meningkat 3x lipat dengan noise yang sangat minim.

iPhone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *