iPhone SE, Smartphone Apple Terbaru Harga Termurah

By on March 24, 2016
3.iPhone SE, Smartphone Apple Terbaru Harga Termurah.2

Dengan harga mulai dari USD 399 atau setara dengan Rp 5,2 jutaan, iPhone SE menjadi perangkat yang sangat menarik untuk dibeli oleh para penggemar smartphone Apple. Mengapa demikian? Walaupun smartphone ini hadir dengan layar sebesar 4 inch seperti iPhone 5S, namun jeroan yang dimiliki oleh iPhone SE ini sebanding dengan model flagshipnya yakni iPhone 6S.

Tidak hanya itu saja, harga USD 399 yang dibanderol oleh Apple untuk smartphone ini juga menjadi banderol harga terendah untuk sebuah perangkat iPhone sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan harga iPhone SE ini lebih rendah jika dibandingkan dengan model smartphone murah sebelumnya yakni iPhone 5C. Pada saat peluncurannya, iPhone 5C di Amerika Serikat dibanderol dengan harga mulai dari USD 550 untuk versi unlocked, tanpa kontrak.

Harga iPhone 5C memang kemudian dipangkas menjadi USD 349. Tetapi ini hanya berlaku pada model dengan kapasitas ROM atau memori internal sebesar 8 GB. Model tersebut hadir beberapa waktu setelah model pertama diluncurkan. Adapun smartphone iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2007 juga sempat dijual dengan harga USD 399.

Tetapi jika disesuaikan dengan inflasi, harga tersebut sebenarnya hampir sama dengan USD 465 jika dilihat dari nilai mata uang tersebut saat ini. Oleh sebab itu, seperti dirangkum dari lama  The Independent hari Selasa kemarin (22/3), iPhone SE dapat dikatakan sebagai smartphone Apple termurah yang pernah diluncurkan oleh Apple pada hari perilisannya.

Smartphone Apple

Ada perbedaan yang signifikan antara model ponsel murah besutan Apple, iPhone SE dan iPhone 5C. Pada saat diluncurkan pada tahun 2013 silam, sebenarnya iPhone 5C hanya berupa versi permak model sebelumnya yakni iPhone 5 yang diluncurkan tahun 2012. Jeroan dari kedua smartphone ini sama, tetapi bagian casingnya diganti dari bahan logam menjadi bahan plastik.

Selain itu spek yang dimiliki oleh iPhone 5C juga tidak dapat menyaingi iPhone 5S yang menjadi smartphone flagship Apple saat itu. Lain halnya dengan iPhone SE, smartphone terbaru ini hadir dengan spek yang sebanding dengan smartphone flagship Apple sekarang yakni iPhone 6S.

Dapur pacu pada smartphone iPhone SE ini mencakup cpu prosesor A9 dengan co prosesor M9. Kinerja prosesor ini disokong oleh RAM 2 GB dan kamera 12 mp. Fitur lainnya yang disematkan pada smartphone ini mencakup pemindai sidik jari.

Smartphone Apple iPhone 5S tidak ubahnya dengan seri iPhone 6S yang dipindah ke bodi iPhone 5S dengan ukuran layar 4 inch dan dibanderol dengan harga low end untuk sekelas iPhone. Sedangkan spek yang dimilikinya termasuk dalam kategori high end.

Lantas mengapa Apple meluncurkan iPhone 4 inch setelah meluncurkan produk dengan layar lebih besar seperti iPhone 6 dan 6 Plus? Perusahaan teknologi itu sepertinya merasa bahwa konsumen masih banyak yang tertarik dengan smartphone berlayar kecil.

Smartphone Apple

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *