iOS 9 Akan Membuat Perangkat Anyar Apple Mirip Dengan Apple Watch

By on May 24, 2015
3. iOS 9 Akan Membuat Perangkat Anyar Apple Mirip Dengan Apple Watch 1

Sudah berapa hari terakhir ini tersiar kabar bahwa Apple sedang mempersiapkan OS terbaru buatannya, yaitu iOS 9. Seperti biasa jika Apple sudah mempersiapkan OS terbaru maka bisa dipastikan OS tersebut akan dipergunakan pada perangkat teranyarnya yaitu iPhone 7 yang kemungkinan akan diluncurkan  tahun depan. Namun saat ini rumor tentang pengembangan iOS 9 sudah santer beredar dan bahkan Apple sudah siap untuk merilisnya bagi kalangan developer pada ajang Worldwide Developer Conference.

Seperti telah dirumorkan, ada berbagai perubahan signifikan pada iOS 9 dibandingkan dengan iOS 8 yang saat ini dipakai pada iPhone 6. Salah satu perubahan yang cukup signifikan adalah tampilan Siri. Disebutkan bahwa tampilan Siri di iOS 9, asisten pribadi pada perangkat Apple, akan berubah menyerupai interface Siri yang saat ini dpergunakan pada Apple Watch. Perubahan tersebut pada penampakan sound wave yang akan dibuat interaktif dan lebih berwarna.

Selain meniru Apple Watch dalam hal tampilan Siri, iOS 9 juga akan mengambil desain huruf atau font dari Apple Watch untuk dipergunakan pada iOS 9 yang notabene diperuntukan bagi iPhone, iPad, dan berbagai produk Apple yang lain. Rencananya font tersebut tak hanya akan disematkan pada Monarch (iOS 9) namun juga Gala (OS X 10.00).

Font yang akan diambil dari Apple Watch tersebut adalah font San Francisso. Font tersebut akan menggantikan font Helvetica Neue yang sudah dipakai pada sejak iOS 7 mulai meluncur dua tahun yang lalu serta pada OS X Yosemite pada 2014. Ada alasan khusus kenapa Apple membuat keputusan untuk mengganti font pada iOS 9, yaitu untuk memperbaiki tampilan iOS 9.

Saat ini yang memakai font San Francisco adalah Apple Watch  dan pada saat perangkat tersebut dibuat dan beredar ternyata font tersebut pas, tajam dan nyaman untuk dilihat mata. Pada tampilan Apple Watch, Font San Francisco terlihat sangat menyatu dan juga sangat halus pada layar dengan ukuran 3,8 x 4,2cm, sehingga Apple ingin menghadirkanya secara lebih luas untuk pengguna perangkat Apple yang lain.

Namun Apple mengatakan bahwa proses penyesuaian font San Francisco untuk iOS 9 ini membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus dilakukan tes di berbagai level agar penggunaan font ini cocok dan pas serta tak merusak tampilan perangkat yang nantiinya akan mempergunakan iOS 9 ini sebagai platformya. Apple juga harus memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga juga bisa support jenis font baru tersebut dengan baik. Oleh sebab itu Apple akan meluncurkan perubahan fotn tersebut pada Juni mendatang, tepatnya di ajang WDC 2015 yang akan diselenggarakan pada 8 Juni mendatang, sehingga para developer bisa mereviewnya.

iOS 9

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *