Cara Tingkatkan Kecepatan Startup Mac secara Mudah

By on October 14, 2013
5. Cara Tingkatkan Kecepatam Starup Mac secara Mudah 1,

Bagi Anda para pengguna Mac, pastinya Anda pernah atau bahkan sering kesal karena Mac yang loadingnya lama saat akan memasuki startup. Namun akan lain hasilnya jika Anda memahami cara kerja login items. Apa sebenarnya login items?

 Login items adalah kumpulan beberapa aplikasi yang dioperasikan oleh Mac pada saat Anda pertama kali log in dengan menggunakan Mac. Jika ternyata login items sudah Anda hapus, lantas bagaimana  cara Anda  mengembalikan login items saat Anda memerlukannya? Gunakan saja Exhaust. Exhaust  akan mengizinkan kamu untuk menjalankan login items  seusai Anda login. Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, Anda dapat mengubah dan mengatur daftar susunan items  pada menu bar jika memang Anda belum menggunakan Bartender. Fitur Exhaust ini memiliki sebuah program pengaturan yang bernama Wait for Previous. Program pengaturan ini fitur ini akan mengaktifkan aplikasi secara berurutan. Oleh karena itu, fitur ini memiliki database sendiri. Ini akan menguntungkan Anda yaitu Anda dapat melakukan perubahan urutan login items  sesuai dengan apa yang Anda inginkan sehingga Mac tidak harus menjalankan  semua aplikasi dalam satu waktu.

Jenis pengaturan lainnya yang bisa dilakukan dengan fitur Exhaust ini adalah pengaturan berapa lama aplikasi diaktifkan di login items sesaat setelah Mac diaktifkan. Misalnya, ketika Anda akan mengaktifkan aplikasi Safari  setelah 5 menit Mac diaktifkan, maka bagian delay dapat Anda isi dengan 300.  Kemudian  pilihan lainnya yang bisa Anda lakukan dengan fitur ini adalah menentukan kapan Anda akan mematikan aplikasi tersebut.

Menariknya lagi, fitur Exhaust juga dapat menyimpan perintah atau argument  dalam aplikasi shell script. Hanya Exhaust yang mengerti cara menggunakan shell script. Exhaust juga bisa menggunakan kolom argument untuk  melaksanakan semua perintah yang ada kaitannya dengan aplikasi.

Jadi kesimpulannya, peningkatan starup Mac bisa dilakukan dengan beberapa langkah dengan menggunakan  fitur Exhaust. Jika aplikasi dijalankan secara berurutan dan satu-persatu dengan menggunakan login items, Mac akan berkurang bebannya  saat sedang startup. Anda bisa menganalogikannya dengan barang yang banyak dan berat diangkat sekaligus. Tentu Anda akan keberatan, bukan? Namun jika diangkat satu persatu maka akan mudah diangkat. Selain itu cara ini juga dinilai akan jauh lebih efisien.

Exhaust adalah sebuah aplikasi yang dapat mengurangi beban Mac pada saat sedang startup. Anda akan melihat manfaatnya. Terlebih lagi jika Mac dilengkapi dengan SSD. Bagaimana menurut Anda? Anda baru akan melihat perbedaannya jika Anda sudah menggunakan Exhaust pada Mac milik Anda. Tent u akan terbukti jelas bahwa  Exhaust adalah satu-satunya aplikasi yang dapat mempercepat kinerja Mac khususnya pada saat sedang startup. Jadi loading lama karena banyaknya aplikasi dapat diatasi dengan mudah berkat aplikasi Exhaust.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *