Cacat Sistem Operasi Apple iOS 7.1

By on May 9, 2014
3. Cacat Sistem Operasi Apple iOS 7.1 1

Entah kenapa belakangan ini pabrikan Apple tidak selalu tuntas dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada OS dan juga produknya. Apakah hal ini terjadi karena perusahaan ini telah ditinggal oleh salah satu pendirinya, yaitu Steve Jobs atau memang kualitas produksi Apple yang menurun kualitasnya. Ada banyak sekali kritik yang terlontar pada perusahaan berlambang Apel tergigit ini, mulai dari ponsel yang mereka buat sampai dengan sistem operasi Apple iOS 7.1 yang penuh dengan cacat. Pada awal diluncurkan, iOS 7 memang sudah bermasalah, masalah saat iti adalah boros baterai.

Masalah boros baterai pada iOS 7 telah berhasil diatasi dengan tambalan yang dibawa pada iOS 7.1. namun rupanya masalah Apple tidak selesai sampai saat itu juga. Diberitakan bahwa para peneliti keamanan telah menemukan cacat yang lebih berbahaya dari sekedar boros baterai, yaitu cacat yang menyebabkan orang bisa membuka kontak walau ponsel dalam keadaan terkunci dan sudah terproteksi dengan password yang aman. Celah keamanan ini dilaporkan pada sebuah video di Youtube.

Yang menemukan cacat sistem operasi Apple iOS 7.1 adalah seorang programmer asal Mesir bernama Sherif Hashim. Ia berkata bahwa cacat yang terjadi pada iOS versi terbaru dari Apple adalah pada fitur Sirinya. Dan yang lebih mengejutkan lagi, cacat tersebut ia temukan pada ponsel iPhone terbaru, yaitu iPhone 5S. Proses penemuan cacat pada sistem operasi ini terjadi saat ia mencoba untuk login lima kali dengan sensor sidik jari TouchID pada iPhone 5S miliknya namun kemudian gagal dan iPhone menolak upaya login tersebut. Namun pada saat itu Siri menjadi aktif dan bertanya “Ehat can I help with?.

ios 7.1, apple, siri, sistem ios 7.1, gadget

Pada saat itu sang programmer menjawab “contact”, namun kemudian Siri meminta otentifikasi dan Hasmim membatalkannya. Kemudian ia mencoba cara lain yaitu dengan memerintahkan Siri untuk melakukan panggilan pada salah satu kontak telepon. Upaya untuk melakukan telepon tersebut kemudian ditanggapi Siri dengan menanyakan kepada siapa telepon akan dilakukan dan Hashim menyebut “call A” Siri kemudian merespon dengan memunculkan semua kontak dengan abjad awal A dan segera setelah itu Hashim bisa melakukan pangilan dari daftar kontak tersebut.

Cacat sistem operasi Apple iOS 7.1 ini menjadi penting karena posisi Hashim melakukan panggilan adalah ponsel terkunci dan terpassword. Dengan cacat ini maka setiap produk Apple yang mempunyai OS iOS 7.1 akan bisa dipergunakan oleh orang lain dengan tidak bertanggung jawab, walau dalam keadaan terkunci dan terpassword. Saran para ahli agar apa yang terjadi pada Hashim tidak Anda alami adalah dengan mematikan fungsi Siri saat layar terkunci, caranya adalah dengan melakukan pengaturan pada setting – passcode – dan kemudian Disable Siri pada pilihan “allow access when locked”.

ios 7.1, apple, siri, sistem ios 7.1, gadget

BACA JUGA:

Update iOS Mampu Menghemat Penggunaan Baterai

Sudut Layar iPhone 6 Akan Lebih Membulat?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *