Backdoor Pada Apple iPhone dan iPad

By on July 25, 2014
3. Backdoor Pada Apple iPhone dan iPad 1

Berita mengejutkan santer tersiar di internet bahwa Apple dan beberapa produsen smartphone dengan sengaja telah membuat backdoor atau celah keamanan pada produk-produk yang mereka buat. Tudingan yang sangat terbuka ini dilakukan oleh Edward Snowden yang membeberkan bocoran dokumen NSA. Snowden berkata bahwa perangkat Apple iPhone dan iPad didesain mempunyai backdoor yang bisa dipergunakan oleh pihak ketiga untuk mencuri data apapun yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Apple sebagai pihak tertuduh dengan keras membantah tuduhan bahwa ada backdoor di perangkat yang dibuatnya dan membantah telah bekerja sama dengan lembaga pemerintah NSA untuk dengan sengaja membuat backdoor dalam produknya. Namun bantahan Apple tersebut belum bisa 100% dipercaya, pasalnya ada seorang ilmuwan forensik dan penulis bernama Jnathan Zdziarski juga menuduhkan hal yang sama kepada perangkat Apple iPhone dan iPad.

Menurut kedua orang tersebut NSA, bekerja sama dengan iPhone telah memanfaatkan beberapa fitur layanan iOS untuk mengumpulkan data dari seseorang yang menjadi targetnya.dengan kata lain, NSA bisa mencuri data apapun tanpa terdeteksi oleh sang pemilik iPhone dan iPad. Hal ini menjadi berbahaya karena bisa saja backdoor tersebut dipergunakan oleh pihak ketiga seperti hacker yang bisa mencuri info kartu kredit atau password penting.

Walaupun Zdziarski tidak menuduh Apple bekerja sama dengan NSA seperti tuduhan Snowden, namun ia meyakini bahwa backdoor itu benar ada didalam semua perangkat Apple. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut backdoor semacam apa yang ada didalam perangkat iPhone dan sampai seberapa bahayanya jika backdoor tersebut dieksploitasi oleh pihak ketiga.

Pihak Apple berkilah bahwa mereka sendirilah yang telah mendesain iOS tanpa campur tangan pihak ketiga. Apple juga telah dengan ketat mengawasi bahwa iOS yang dibuatnya tidak melanggar privasi dan keamanan penggunanya. Namun disisi lain Apple mengakui bahwa mereka mengambil sejumlah informasi dari penggunanya secara tanpa ijin yaitu info mengenai produk-produk yang dipergunakan oleh penggunannya yang diambil dengan tujuan untuk menyediakan informasi bagi departement IT mereka.

Sebagian besar info yang diambil oleh Apple adalah mengenai kebiasaan browsing, produk apa yang sering dibeli, website atau media sosial mana yang sering dikunjungi sampai game apa yang mereka mainkan. Pengambilan data ini bertujuan untuk menyediakan informasi bagi department IT Apple untuk mengembangkan dan sekaligus mengatasi masalah teknis yang muncul.

Namun Apple berkilah lagi bahwa pada saat pengguna mempergunakan perangkat Appe mereka harus menyetujui  bahwa mereka akan membagi info yang telah disebutkan diatas dan Apple berjanji bahwa info yang diambil tidak akan dibagikan pada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pengguna. Jadi Anda yang saat ini mempergunakan Apple iPhone 6 dan sebangsanya, berhati-hatilah dengan informasi yang Anda punya.

apple, iphone, ios, hp apple, smartphone

BACA JUGA:

Charger Apple Ditarik Karena Bikin Panas

Ipad Air Terbakar Gara-Gara Charger Abal-Abal

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *