Awas iOS 9.3 Pada Smartphone Apple Bisa Sebabkan iPad Lawas Rusak

By on March 30, 2016
3.Awas iOS 9.3 Pada Smartphone Apple Bisa Sebabkan iPad Lawas Rusak.3

Tidak semua para pengguna tablet dan smartphone Apple dapat menikmati berbagai fitur baru pada iOS 9.3 yang diluncurkan minggu lalu. Kehadiran sistem operasi mobile anyar milik Apple tersebut diwarnai dengan berbagai macam masalah yang memberikan dampak spesifik dan tergantung dari jenis perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Bahkan para pengguna iPad 2 mendapati perangkat mereka berada dalam kondisi bricked atau tidak dapat digunakan karena perangkat tersebut tidak dapat masuk ke Operating System setelah melakukan instalasi iOS 9.3 pada perangkat mereka.

Masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab masalah ini. Tablet lawas besutan Apple ini mengalami masalah saat penggunanya berusaha untuk mengaktifkannya setelah melakukan update OS seperti dilansir dari laman TechRadar hari Selasa (29/3).

Pada akhir minggu kemarin, pihak Apple bergegas untuk meluncurkan versi lain iOS 9.3  yang dibuat secara khusus untuk mengatasi error ketika diaktivasi untuk iPad 2. Para pengguna perangkat iPad 2 yang mengalami dampak masalah tersebut wajib mendownload file iOS 9.3 lebih dulu di komputer untuk selanjutnya dipindahkan ke perangkat iPad 2.

Smartphone Apple

Selain itu Apple juga ikut menyalurkan update iOS 9.3 di toko – toko Apple Store. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu para pengguna yang tidak mempunyai komputer di rumah untuk mendownload file sistem operasi tersebut.

Selain bermasalah pada iPad lawas, sistem operasi iOS 9.3 juga telah dilaporkan dapat memicu masalah di perangkat lainnya yang lebih baru. Sebagai contoh pemilik iPhone 6S, mereka mengeluhkan bahwa smartphone Apple tersebut menjadi lebih sering mengalami hang atau crash setelah menginstal iOS 9.3 pada perangkat mereka.

Beberapa pengguna iOS 9.3 mengaku bahwa mereka tidak dapat membuka link atau tautan di browser Safari, Mail, aplikasi Messages, Notes, dan beberapa aplikasi lain pada perangkat mereka. Ketika akan membuka tautan tersebut, aplikasi akan mengalami crash dan tidak merespon. Yang lebih aneh, masalah ini terjadi pada pengguna smartphone baru seperti iPhone 6S Plus dan iPhone 6S.

Bahkan sudah ada ratusan pengguna perangkat Apple yang mengeluhkan kinerja iOS 9.3 melalui Apple Support. Selain lewat forum tersebut, pengguna juga mengeluhkan masalah ini di Twitter. Sebenarnya ini bukan masalah pertama yang terjadi pada iOS 9.3.

Apple sebelumnya sudah sempat menunda waktu rilis sistem operasi terbaru ini karena adanya masalah saat diinstal di perangkat lawas. Tetapi setelah melakukan perbaikan, akhirnya sistem operasi ini diluncurkan secara resmi pada akhir bulan Maret 2016 bersamaan dengan waktu peluncuran iPhone Pro 9,7 inch dan smartphone Apple terbaru yakni iPhone SE.

Saat ini pihak Apple sendiri juga sibuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dari iOS 9.3. Perusahaan teknologi raksasa yang menggunakan lambang buah apel digigit ini kemungkinan akan meluncurkan update selanjutnya dalam waktu dekat.

Smartphone Apple

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *