Awal Mula Tenggelamnya iPhone 5C?

By on November 20, 2013
2.Awal Mula Tenggelamnya iPhone 5C 1

IPhone dapat dikatakan sebagai salah satu pioner Smartphone. IPhone menjadi pelopor dimana telepon genggam tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi. Tetapi, telepon genggam juga berubah menjadi alat serba guna yang dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari hiburan, partner untuk bekerja dan lain sebagainya. Bahkan Smartphone menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia saat ini.

Oleh karena hal diatas, maka banyak orang menyukai Smartphone yang satu ini. Dan, Apple sebagai produsen telepon pintar ini, sadar akan hal ini dan memproduksi berbagai seri iPhone. Yang terbaru adalah iPhone 5S dan iPhone 5C yang diluncurkan setelah ditinggal oleh Steve Jobs, sang inventor di perusahaan Apple.

IPhone 5S dapat dikatakan sebagai Smartphone high-end dengan spesifikasi super tinggi. Sedangkan iPhone 5C merupakan versi ringan dari iPhone 5S yang juga disebut sebagai iPhone murah. Karena memang, seri iPhone 5C ditargetkan untuk pasar kelas menengah ke bawah dengan dana terbatas.

Tetapi, pihak Apple baru-baru ini mengabarkan bahwa mereka akan membatasi produksi iPhone murah ini. Alasannya sangat sederhana. Mereka melihat bahwa peminat iPhone 5C ini tidak terlalu tinggi atau kalah dengan versi high-end dari seri ini.

Pihak Apple juga sudah memerintahkan pembatasan ini kepada Foxconn sebagai mitra manufaktur dari perusahaan berlambang buah apel ini.

Seperti yang dilansir oleh Softpedia, pada Selasa 19 November 2013, Apple meminta Foxconn untuk fokus pada produksi iPhone 5S. Pembatasan ini juga menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih versi high-end dari seri iPhone 5 daripada versi murahnya. Konsumen tidak segan untuk membayar mahal, asal mereka mendapatan Smartphone dengan spesifikasi yang paling tinggi.

Sedangkan menurut DigiTimes, pihak Foxconn dikarbarkan sudah menghentikan produksi iPhone 5C di pabriknya yang berada di Zhengzhou, bagian utara China. Dengan dihentikannya produksi iPhone 5C ini, diharap dapat meningkatkan produksi dari versi high-end seri ini yaitu iPhone 5S.

Tetapi, penghentian salah satu pabrik pemroduksi iPhone 5C ini bukan berarti produksi iPhone versi ini benar-benar dihentikan. Pihak Foxconn menyampaikan tidak akan menghentikan produksi iPhone murah ini. Mereka hanya akan mengurangi jumlah produksi mingguan agar produksi iPhone 5S dapat berjalan lebih efektif.

Untuk memproduksi produk-produknya, iPhone tidak hanya menggandeng Foxconn. Ada beberapa perusahaan lain yang juga menjadi mitra produksi Apple, salah satunya adalah Pegatron.

Pegatron juga melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Foxconn. Menurut sumber yang terpercaya, Apple sudah mengkoordinasi pembatasan produksi iPhone 5C dengan kedua mitra produksi tersebut karena penjualan Smartphone ini tidak memuaskan.

Bila hal ini berlanjut, mungkinkah iPhone versi murah ini akah hilang dari pasar? Kita semua hanya dapat menunggu apa yang akan diputuskan oleh Apple.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *