Asisten Virtual Cortana Kini Sambangi Platform Android dan iOs

By on December 12, 2015
3.Asisten Virtual Cortana Kini Sambangi Platform Android dan iOs.3

Setelah beberapa waktu yang lalu diluncurkan dalam versi beta, asisten virtual garapan Microsoft yakni Cortana akhirnya telah diluncurkan secara resmi untuk platform Android dan iOs. Tidak berbeda dengan Windows Phone, asisten virtual Cortana versi Android dan iOs ini hadir dengan sejumlah fitur utama di antaranya adalah untuk mengetahui cuaca, pengingat jadwal, dan sejumlah fungsi penting lainnya.

Tetapi disebutkan bahwa Cortana akan menawarkan fitur yang berbeda untuk tiap – tiap platform. Jadi fitur yang disematkan pada platform Android belum tentu saja dengan platform iOs. Salah satu fitur yang telah diketahui adalah Cortana yang ditujukan untuk perangkat berbasis Android.

Sebagai contoh pada perangkat Android, aplikasi ini dapat diaktifkan oleh pengguna dengan mudah melalui perintah ‘Hey Cortana’ saat pengguna tengah menjalankan suatu aplikasi atau di halaman depan perangkat. Tidak hanya itu saja, untuk para pengguna laptop atau PC yang sudah menjalankan sistem operasi Windows 10, aplikasi Cortana untuk Android sudah bisa disinkroninasikan dengan laptop atau PC tersebut.

Dengan demikian, para pengguna dapat tetap terhubung dengan Cortana saat mereka menggunakan laptop atau PC, termasuk saat ada notifikasi atau pemberitahuan baru yang muncul. Selain sudah tersedia untuk platform Android dan iOS, asisten virtual milik Microsoft ini disebut – sebut juga akan tersedia untuk Cyanogen OS.

Cortana

Cortana nanti akan tersedia secara pre installed untuk sistem operasi itu. Para pengguna sistem operasi Cynaogen OS juga mungkin memberikan perintah Cortana dalam mengakses pengaturan perangkat ponsel pintar mereka.

“Ini merupakan pengalaman yang sangat menarik untuk mempelajari bagaimana cara pengguna dalam berpikir soal asisten pribadi yang telah berjalan pada sejumlah platform,” tutur Marcus Ash selaku program manager dari Microsoft yang telah membawa Cortana untuk Android dan iPhone seperti dilansir dari Engadget hari Kamis (10/12).

Namun yang cukup disayangkan adalah Cortana versi Android dan iOs saat ini hanya baru tersedia untuk wilayah Tiongkok dan Amerika Serikat saja. Untuk para pengguna Android maupun iOs, aplikasi asisten virtual Cortana ini dapat didownload secara cuma – cuma di toko aplikasi masing – masing.

Untuk pengguna perangkat Android, perangkat yang digunakan minimal harus berjalan dengan sistem operasi Android KitKat 4.0. Sementara itu untuk pengguna produk Apple dengan sistem operasi iOs, pengguna memerlukan sistem operasi minimal iOs 8 untuk menjalankan Cortana.

Asisten virtual Cortana sendiri sebenarnya dibuat oleh Microsoft untuk menjadi pesaing serius bagi Google Now besutan Google dan Siri dari Apple. Cortana muncul pertama kali pada sistem operasi Windows Phone 8.1. Cortana juga menjadi asisten digital bawaah untuk OS Windows 10. Namun saat ini Cortana tidak hanya terbatas untuk sistem operasi Windows saja tetapi juga telah merambah ke platform yang lain, termasuk Android dan iOs.

Cortana

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *