Apple Beralih Ke Layar OLED Samsung dan LG

By on March 8, 2016
2. Apple Beralih Ke Layar OLED Samsung dan LG 2

Pihak Apple kembali akan menghadirkan inovasi baru pada produk iPhone mereka. Menurut laporan dar organisasi asal Tiongkok, Nikkei, Apple akan menggunakan layar OLED untuk produk terbaru mereka. Layar tipe ini diperkirakan akan digunakan oleh Apple pada produk mereka yang dirilis di tahun 2017.

Informasi ini beredar setelah pihak Apple mengadakan pertemuan dengan pihak Samsung dan LG. Dua perusahaan asal Korea Selatan ini memang dikenal sebagai produsen layar OLED dan mereka juga menggunakannya pada berbagai produk mereka. Pertemuan ini sendiri digunakan Apple untuk mengadakan kerjasama untuk peningkatan produksi panel OLED yang akan Apple gunakan.

Informasi tentang penggunaan layar OLED ini juga dirilis oleh GSM Arena, pada Minggu, 6 Maret 2016 yang lalu. Menurut situs ini, seri iPhone yang akan diluncurkan pada tahun 2017 mendatang semuanya akan menggunakan layar yang terbuat dari bahan organik ini.

Informasi yang beredar juga menyebutkan tentang besar nilai kerjasama antara tiga perusahaan besar ini. Menurut laporan yang dirilis Nikkei, Apple, Samsung dan LG menandatangani kerjasama dengan nilai US$ 12 miliar atau sekitar Rp. 157 triliun. Dengan nilai sebesar ini, dapat dikatakan, Apple benar-benar serius ingin mengaplikasikan layar OLED pada produk mereka.

Penggunaan layar OLED ini juga tidak terlalu mengejutkan bagi para pengamat gadget serta pengguna perangkat Apple. Hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu ciri khas atau kebiasaan Apple dalam melakukan peningkatan terhadap produk-produk mereka, dalam hal ini, perangkat iPhone.

Seperti pada produk iPhone sebelumnya, dari sisi desain maupun ukuran, tidak ada perbedaan yang terlalu berarti antara satu seri dengan lainnya. Namun, Apple menggunakan fitur baru, sensor, spesifikasi yang lebih bagus atau iOS baru, sebagai cara untuk memberikan variasi dan peningkatan.

Artinya, dengan mengganti layar yang digunakan dengan layar OLED tampaknya akan menjadi cara Apple untuk meningkatkan atau memberikan sesuatu yang baru pada produk mereka nantinya. Dan, hal ini sudah menjadi rutinitas tahunan produsen asal Amerika Serikat ini.

Lalu, pertanyaannya, produk manakah yang akan menggunakan layar OLED ini? Bila melihat rumor yang beredar, mengenai iPhone 7, maka dapat diperkirakan iPhone 7S yang akan mendapatkan layar baru ini. Seperti seri sebelumnya, Apple sering meluncurkan dua varian dalam satu seri di tahun yang berbeda.

Bila tahun ini, mereka benar-benar meluncurkan iPhone 7, maka dapat dikatakan, seri 7S akan hadir tahun depan. Dan, karena Apple juga berencana menggunakan layar OLED untuk produk mereka tahun depan, 7S akan mendapatkan layar ini sebagai bagian dari pembaruan yang dilakukan Apple.

Apple sendiri sebelumnya menggunakan panel LCD untuk produk mereka. Namun, layar OLED menawarkan keunggulan yang lebih dari LCD, seperti warna yang lebih jelas dan hemat energi. Samsung sendiri sudah menggunakan layar jenis ini dengan panel AMOLED mereka pada produk seri Galaxy mereka.

Layar OLED

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *